Ruskidah, Tokoh Sumenep Award 2017 Kategori Tenaga Kesehatan

Ruskidah, Tokoh Tenaga Kesehatan dalam Sumenep Award 2017.

DUKUN BERANAK BEKERJA SEPENUH HATI

MataMaduraNews.comSUMENEP – Di wilayah Kabupaten Sumenep bertempat di Pulau Sapeken, tepatnya di Kampung Mandar ada seorang Dukun Beranak/Dukun Bayi bernama Ruskidah. Perempuan yang lahir pada tanggal 14 Nopember 1963 ini, mulai menjadi dukun sejak tahun 1995 sampai sekarang. Tak heran, sudah banyak masyarakat yang ditolong. Bisa dibilang, sudah ratusan orang melahirkan yang ditolong sejak ia menjadi dukun.

Ruskidah dikenal sebagai dukun beranak yang memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar dengan sepenuh hati dan tanpa pamrih. Sejak menjadi dukun, ia tidak pernah menolak orang yang akan melahirkan. Walaupun orang tersebut miskin dan tidak punya uang untuk membayar sekalipun, Ruskidah tetap menolong. Bahkan, apabila ada yang memanggil untuk melahirkan saat memasuki tengah malam, ia tetap mendatangi rumah orang tersebut. Tak peduli medan yang harus ditempuh sangat sulit dan berbahaya, ia berangkat demi menolong sesama melahirkan generasi ke dunia.

Ruskidah sangat berpengalaman menjadi dukun beranak dan dukun bayi. Sejak dulu _sebelum ada bidan desa, yang bersangkutan membantu persalinan yang sangat sulit dengan beberapa penyulit. Kemudian sejak tahun 2000 _semenjak ada bidan desa, ia tidak pernah bersaing dan merasa terganggu. Bahkan, Ruskidah bersedia selalu berdampingan dengan bidan desa dalam melayani pasien.

Dukun beranak yang tinggal di Kampung Mandar, Desa Sapeken ini dikenal selalu bisa bekerja sama dengan bidan dalam membantu persalinan. Apabila ada yang mau melahirkan dan mendatanginya, Ruskidah selalu berkoordinasi dengan bidan desa yang ada dan bersama-sama membantu pesalinan tersebut. Demikian juga dengan bidan desa. Apabila ada yang akan melahirkan pada bidan, bidan tersebut juga bersama-sama dengan dukun menyelamatkan ibu dan bayi.

Saat ini, Dukun Ruskidah merupakan dukun terlatih yang sudah dilatih oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep. Dalam dalam menjalani profesinya membantu sesama itu, ia sudah menjadi mitra bidan desa di tempat tinggalnya di pulau Sapeken.

| Tim Penilai Sumenep Award 2017 Kategori Tokoh Tenga Kesehatan

Tinggalkan Balasan