Sadari Potensi, Bunda Fitri Carikan Desain Produk Kepulauan

Nurfitriana Busyro Karim, Ketua TP PKK Sumenep. (Foto Dok. Mata Madura)
Nurfitriana Busyro Karim, Ketua TP PKK Sumenep. (Foto Dok. Mata Madura)

MataMaduraNews.comSUMENEP – Kabupaten Sumenep kaya akan potensi alam dan produk kerajinan. Karenanya dibutuhkan format dan desain yang pas, sehingga produk itu memiliki nilai rupiah tinggi.

Sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep, Nurfitriana Busyro Karim saat ini berupaya mencari desain dan kemasan untuk produk-produk Sumenep, terutama produk lokal yang ada di kepulauan. Bunda Fitri-orang akrab memanggilnya, berpikir bagaimana barang kerajinan yang menjadi khas masing-masing desa atau kecamatan di daerah pulau itu memiliki daya jual tinggi.

”Kita akan berupaya dan berkoordinasi dengan dinas terkait supaya para perajin di pulau itu mendapatkan pembinaan dan pelatihan. Selain itu, produknya juga dibuatkan kemasan dengan desain yang khas,” terang perempuan kelahiran Lombok tersebut kepada Mata Madura.

Keinginan Bunda Fitri itu berawal dari melihat dan menyaksikan beragam produk kepulauan ketika dipajang pada pameran. Baik ketika pameran pada Jambore Kader PKK, berkunjung ke pulau, atau pada momentum Pameran Pembangunan Hari Jadi Sumenep Ke-748 di akhir Oktober lalu.

”Betapa bagusnya produk lokal yang mereka pamerkan,” puji Bunda Fitri.

Sebab itu, istri Bupati KH A. Busyro Karim tersebut meminta seluruh pengurus dan kader PKK yang berada di pulau supaya terus berinovasi dalam mengembangkan produk lokal yang ada di daerah masing-masing. Karena bagaimanapun jika tidak dikoordinasikan potensi itu akan terpendam.

”Ayo bersama-sama promosikan dan kembangkan semua potensi kerajinan di Sumenep terutama yang ada kepulauan yang jarang terjangkau,” ajaknya beberapa waktu lalu.

| rusydiyono/*

Tinggalkan Balasan