Menu

Sekda Edy; 22 Juli Sumenep Bebas Asap Kendaraan

  Dibaca : 187 kali
Sekda Edy; 22 Juli Sumenep Bebas Asap Kendaraan
Sekda Kabupaten Sumenep, Edy Rasiyadi. (Foto/Yono)

MataMaduraNews.comSUMENEP-Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas udara, Pemerintah Kabupaten Sumenep akan menerapkan program ‘Hari Bebas Kendaraan Bermotor’ (Car Free Day)”.

Sebagaimana dijelaskan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Edy Rasiyadi, ketika rapat kordinasi kegiatan Car Free Day, Selasa malam (03/07/2029) di Lantai II Kantor Bupati, bahwasanya program Car Free Day direncanakan akan diberlakukan satu kali dalam seminggu. Dan yang demikian itu merupakan iktikad Pemkab Sumenep bersama Polres setempat dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

“Khususnya kualitas udara di wilayah perkotaan dari polusi udara dan kebisingan kendaraan bermotor,” terang mantan Kadis PU Binamarga.

Adapun waktu dan lokasinya, ungkap Edy kegiatan tersebut direncanakan car free day setiap hari Minggu, yakni di sepanjang jalan Trunojoyo, Taman Adipura hingga di depan Labang Mesem Keraton Sumenep.

“Pelaksanaan car free day dijadwalkan pada setiap hari Minggu pagi mulai pukul 05.30 WIB hingga pukul 09.00 WIB, dan sosialisasi kepada masyarakat dijadwalkan pada 08 Juli 2018 dan peluncuran hari bebas kendaraan bermotor Car Free Day pada 22 Juli 2018,” terang Sekda Edy.

Karena itu, lanjut Edy, lokasi Car Free Day, tidak hanya bebas dari kendaraan bermotor saja. Melainkan di lokasi itu, ada sejumlah kegiatan lainnya setiap minggu pagi dengan menyediakan berbagai sarana dan wadah hiburan kepada masyarakat. Salah satu di antaranya disediakan sarana berolahraga.

“Termasuk memberikan pelayanan publik kepada masyarakat sebagai dukungan program Pemerintah Daerah, yakni Tahun Kunjungan Wisata (Visit Sumenep ) 2018. Termasuk juga ada kegiatan rekreasi, fasilitas pelayanan publik, window shopping, pameran produk unggulan, pemberdayaan UKM/UMKM dan kegiatan sosial lainnya,” paparnya.

Selain alasan kesehatan lingkungan, Car Free Day juga juga untuk mendukung tingginya animo kegiatan masyarakat yang dilakukan setiap hari Minggu pagi di area Taman Adipura yang mendorong sejumlah pihak terkait mengembangkannya dengan kegiatan car free day.

“Semoga saja, dengan kegiatan car free day yang dikemas dengan berbagai kegiatan setiap hari Minggu ini, bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Rusydiyono, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional