Siapa Anwar Sadad? Bacawagub dari Gerindra di Pilgub Jatim

Anwar Sadad (kanan) bersama Suhu Politiknya (kiri) dalam suatu acara. foto for Mata Madura
Anwar Sadad (kanan) bersama Suhu Politiknya, Choirul Anam (kiri) dalam suatu acara.
foto dok Mata Madura

MataMaduraNews.comSURABAYA-Nama Anwar Sadad, mendadak jadi perbincangan publik di Jatim. Maklum, namanya belum sepopular para politisi lainnya. Tapi, secara mengejutkan, dia masuk bursa figur yang bakal mendampingi Khofifah Indarpaawansa dalam Pilgub Jatim 2018.

Anwar Sadad, lahir dari pasangan Kiai Usman (Bangkalan) dan (alm) Nyai Hulliyah Bahar (Sidogiri, Pasuruan), 44 tahun lalu. Dia tergolong sosok politisi ulung. Menjabat anggota DPRD Provinsi Jatim tiga periode lewat bendera partai berbeda.

Pada Pileg tahun 2004, mantan pengurus Korcab PMII Jatim ini, mencalonkan diri lewat PKB dari Dapil Pasuruan-Probolinggo. Sistem nomor urut, Sadad terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi dari PKB.

Ketertarikan Sadad di dunia politik berawal dari kepercayaan Choirul Anam, seniornya sekaligus guru politik Sadad. Waktu itu, Cak Anam -biasa Sadad memanggil Choirul Anam, menyuruh menyelesaikan sejumlah administrasi persiapan Muktamar DPW PKB  Jatim di Tuban 2001.

“Termasuk saya juga disuruh buat pidato politik Cak Anam, ketika itu,” cerita Sadad kepada Mata Madura, suatu waktu.

Sukses gelar Muktamar PKB dan Cak Anam kembali terpilih sebagai Ketua DPW PKB Jatim, Sadad diajak ke gerbong DPW dengan posisi Wakil Sekjend. Di tengah konflik internal PKB, Cak Anam mendirikan PKNU. Sadad ikut ke gerbong Cak Anam dan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Provinsi dari PKNU. Pencalonannya ia terpilih kembali pada Pileg 2009.

Dan pada Pileg 2014, PKNU tidak bisa ikut pemilu. Sadad disarankan Cak Anam untuk merapat ke Partai Gerindra dan terpilih kembali pada periode ketiga. Dan menempati posisi Sekjend DPD Partai Gerindra Jawa Timur.

“Tiga kali periode di DPRD Provinsi tidak lepas dari jasa orang lain. Itu tidak akan saya lupakan,” ucap alumni Magister Islamic Studies UIN Sunan Ampel dan kini sedang menyelesaikan program doktoral di Pasca UIN Sunan Ampel, Surabaya, ini tanpa menyebut siapa orang yang paling berjasa dalam pilihan politiknya.

Buah dari perjuangan politiknya, saat ini, Sadad menjadi figur Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) dari Gerindra yang akan bersanding antara Yenni Wahid dan Khofifah Indarparawansa sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) dari Parpol Koalisi, Gerindra, Nasdem, PKS dan Golkar.

Meski belum resmi DPP Gerindra merekomendasi Anwar Sadad sebagai Bacawagub. Namun, mayoritas DPC-DPC Gerindra se Jatim bersepakat mengusung Anwar Sadad sebagai figur Bacawagub dari Gerindra. Aspirasi DPC-DPC Gerindra ini, disampaikan dalam Rakerda yang digelar di Malang dan Surabaya, beberapa waktu lalu.

Hambali Rasidi, Mata Madura

Tinggalkan Balasan