Menu

Soal Gempa Bumi di Sumenep, Ini Kata BMKG Denpasar

  Dibaca : 2053 kali
Soal Gempa Bumi di Sumenep, Ini Kata BMKG Denpasar
Titik Pusat Gempa yang sempat buat heboh warga kota Sumenep, Rabu (13/6/2018). (Foto/ Rilis BMKG Bali)
Link Banner

MataMaduraNews.comSUMENEP– Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl.SEIS, menyebut gempa bumi yang terjadi pada Hari Rabu, 13 Juni 2018, pukul 20.06.40 WIB, di wilayah sekitar Sumenep, Madura, Jawa Timur, tidak berpotensi tsunami.

Dalam rilisnya, dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4.8, dengan episenter pada koordinat 6,88 LS dan 113,94 BT, tepatnya di darat pada jarak sekitar 6 km arah Timur Laut Sumenep – Jawa Timur dengan kedalaman 12 kilometer.

“Peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempabumi ini menimbulkan guncangan di Sumenep II Skala Intensitas Gempabumi (SIG) BMKG atau III-IV MMI. Hal ini sesuai dengan informasi dari masyarakat yang merasakan gempabumi ini cukup kuat dan beberapa rumah mengalami kerusakan,” jelasnya.

Dikatakan, gempa bumi yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi intraplate dengan hiposenter dangkal akibat aktivitas patahan lokal.

“Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” sambungnya.

Karena itu, dia menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hambali Rasidi, Mata Madura

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional