Menu

Soal Mobil Esemka, Ini Kata Netizen

Soal Mobil Esemka, Ini Kata Netizen
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengamati mobil produk Esemka usai meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi. (foto tempo.co)
Link Banner
matamaduranews.com-Tak lama Presiden Jokowi memperkenalkan mobil Esemka Pick Up, para netizen di media sosial sudah gaduh. Perusahaan yang berada di Boyolali, Jawa Tengah, ini diisukan memproduksi mobil jiplakan Tiongkok. Padahal, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) baru diresmikan Presiden Jokowi, Jumat (6/9/2019).
Isu itu diramaikan netizen di media sosial. Dengan menuliskan tagar #ChanganJiplakEsemka. Tagar ini menjadi trending topik di Twitter. Hingga Sabtu (7/9) pukul 13.00 WIB, sudah lebih dari 10 ribu kali dituliskan.
Tagar #ChanganJiplakEsemka merupakan bentuk sindiran netizen. Karena penampakan mobil Esemka Pick Up Bima 1.2 mirip dengan Changan Star Truk. Yang diproduksi Chang’an Automobile (Group) Co., Ltd.
”Ada yang tahu di mana letak perbedaannya?” tulis Sanipar yang juga menggungah foto mobil Esemka Pick Up Bima 1.2 dan Changan Star Truk di akun Twitternya @Sanipar6.
Juga dituliskan Agus Susanto II di akun Twitternya @Cobeh09. ”Mobil Esemka Bima persis mobil buatan China Chan Star,” tulisnya.
Sindiran juga disampaikan Suherjati Suherman. ”Changan begitu dong. Esemka mah ori punya,” ujarnya di akun Twitternya @SuherjatiSuher1.
Netizen lainnya Tina Azizi di akun Twitter-nya @tinaazizi juga menuliskan nada sindiran yang sama. ”Widih… Baru kemarin launching Esemka. Produknya udah dijiplak sama produsen mobil Changan, Tiongkok. Malah sudah dijual online di situs Alibaba. Enak aja tuh Tiongkok. Main jiplak karya anak bangsa. ’Changan-changan samakan Esemka dengan yang lain,” katanya.
Trending topic tagar #ChanganJiplakEsemka ini, tertarik menelusuri perusahaan Chang’an Automobile (Group) Co., Ltd.
Dari situs www.globalchangan.com dan wikipedia diketahui perusahaan otomotif ini berpusat di Chongqing, Tiongkok. Statusnya badan usaha milik negara. Memiliki induk perusahaan bernama China Weaponry Equipment.
Perusahaan ini merupakan pabrikan mobil Tiongkok terbesar keempat pada 2010. Yang berhasil menjual 2,38 juta unit kendaraan.
Memperhatikan cukup seksama foto mobil Esemka Bima 1,2 dengan Changan Star Truk. Hasilnya: kedua mobil ini memang mirip.
Dikutip dari tribunnews.com, secara dimensi Esemka Bima 1,2 dan Changan Star Truck juga memang hampir sama.
Esemka Bima 1,2 memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.890 mm dengan karbo boks berukuran 2.750 mm x1.600 mm x 460 mm.
Sementara Changan Star Truck memiliki panjang 4.660 mm, lebar 1.620 mm, dan tinggi 1.890 mm.
Kemiripan juga terletak pada eksterior. Yakni, bak, grill, dan lampu depan.
Meskipun memang, grill mobil Changan Star Truck lebih panjang dan lebar dari Esemka Bima 1,2.
Lampu depan Changan Star Truck juga lebih besar dibanding lampu depan Esemka Bima yang minimalis.
Dari sisi mesin, kedua mobil ini juga sama. Mesin Changan Star Truck adalah 1.2 L E-power I4 DOHC. Sedangkan Esemka Bima 1.2 L E-power 14 DOHC dan 1.3.
Kendati mobil Esemka diterpa isu miring, kata Presiden Jokowi merupakan karya anak bangsa yang diapresiasi. Dan memandang kemiripan bentuk dalam industri otomotif sepertinya sesuatu yang lumrah.
Seperti, mobil Daihatsu All New Terios. Bentuknya selintas mirip Toyota Rush.  Begitu juga Toyota Avanza. Mirip dengan Daihatsu Xenia. Juga Suzuki APV yang mirip dengan Mitsubishi Maven.
sumber; disway.id
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Fans Page

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional