Solusi Membangun Madura; Begini Pemikiran Abdul Halim, Anggota DPRD Jatim

×

Solusi Membangun Madura; Begini Pemikiran Abdul Halim, Anggota DPRD Jatim

Sebarkan artikel ini
Solusi Membangun Madura; Begini Pemikiran Abdul Halim, Anggota DPRD Jatim
Abdul Halim, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim

matamaduranews.comBANGKALANAbdul Halim melihat Madura secara umum dan Bangkalan secara khusus sangat penting untuk dibenahi agar masyarakatnya makmur.

Sebagai wakil rakyat di DPRD Jawa Timur, suami Chitra Sinoro Wetti ini, memandang tiga hal berikut dapat menjadi solusi jitu dalam pembangunan Madura ke depan.

Pertama, kampus yang dianggapnya masih memiliki nilai-nilai idealisme juga obyektivisme harus dijadikan dapur untuk meracik berbagai gagasan dan ide-ide brilian pembangunan di Madura, khususnya Bangkalan.

”Kita harus kembali ke kampus-kampus untuk melakukan pendiskusian, penggagasan, dan mengalisis secara utuh. Artinya menjadikan kampus sebagai dapur kebijakan,” kata mahasiswa pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura Bangkalan, kepada Mata Madura, Senin pekan lalu.

Selain menjadikan kampus sebagai rujukan bersama tanpa meninggalkan elemen lain, juga tanpa menafikan keberadaan BPWS yang banyak menuai kontroversi dan kritik dari masyarakat Madura.

Menurut Halim, keberadaan Suramadu harus dilihat sebagai nilai tambah potensi pembangunan di Madura.

”Dengan kata lain, ayo bangun investasi yang ramah dan jangan sia-siakan BPWS karena eksistensinya merupakan salah satu bentuk kebijakan Negara guna mempercepat pembangunan di Madura,” sebut Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jawa Timur ini tentang poin kedua.

Orang-orang dari luar Jawa datang berbondong-bodong untuk melihat kegagahan jembatan Suramadu kemudian bisa mampir untuk menikmati ragam kuliner dan destinasi wisata yang ada di Madura.

”Jadi kenapa ini tidak kita tangkap sebagai potensi dan suatu hal yang bermanfaat bagi Madura,” tuturnya penuh tanya.

Tapi menjadikan kampus sebagai dapur kebijakan serta mendukung percepatan pembangunan Madura dengan adanya Suramadu, masih belum cukup.

Poin terakhir, tambah Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jawa Timur ini, pemerintah daerah tidak boleh memiliki ego sektoral. Setiap kabupaten seyogianya bahu-membahu untuk memiliki posisi yang sama dalam membangun Madura. ”Karena hanya dengan begitu Madura bisa makmur dan sejahtera,” tandas Halim.

Aliman Harish, Mata Bangkalan

KPU Bangkalan