Menu

Sosialisasi Program SHAT Bagi UMKM, Ini Tujuan Diskop Sumenep

  Dibaca : 42 kali
Sosialisasi Program SHAT Bagi UMKM, Ini Tujuan Diskop Sumenep
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sumenep Imam Trisnohadi (empat dari kiri), Asisten Pemerintahan Carto (lima dari kiri) saat foto bersama pada Sosialisasi Program SHAT Bagi UKM Tahap IV di Balai Desa Baban, Gapura, Sumenep. (Foto Rusydiyono/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menggelar Sosialisasi Program Sertifikasi Hak Atas Tanah (SHAT), Kamis (20/12/2018), di Balai Desa Baban, Kecamatan Gapura.

Kegiatan bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumenep itu, dilakukan Diskop dan UM untuk mewujudkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi mandiri.

Sosialisasi bagi UMKM tersebut merupakan kegiatan yang keempat. Sebelumnya, Diskop dan UM Sumenep telah melakukan sosialisasi SHAT di sejumlah kecamatan. Di antaranya Kecamatan Kota, Lenteng, Saronggi, Rubaru, dan Kecamatan Gapura.

“Hingga saat ini, total peserta yang mengikuti program SHAT selama 2018 dari lima kecamatan itu mencapai 376 orang,” kata Kepala Diskop dan UM Sumenep, Imam Trisnohadi.

Imam menjelaskan, tujuan program SHAT untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum kepada pemilik tanah. Supaya mereka dengan mudah bisa membuktikan sebagai pemegang hak atas tanah bersangkutan.

“Selain itu, tujuannya adalah untuk memfasilitasi penyediaan aset yang dapat digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh modal usaha UMKM dari perbankan,” imbuh mantan Kadiskominfo itu.

Apabila memiliki modal yang cukup, lanjut dia, UMKM dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi usaha. Dengan demikian, UMKM tersebut bisa menjadi usaha yang mandiri dan berkembang sebagaimana diharapkan.

“Perlu disampaikan bahwa bagi peserta program SHAT akan memperoleh bantuan berupa Patok masing-masing empat buah,” jelas Imam.

Dalam sosialisasi tersebut, hadir Asisten Pemerintahan Pemkab Sumenep, Carto. Mewakili Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim, ia memberikan sertifikat hak atas tanah secara simbolis kepada UMKM yang mengikuti program SHAT.

Rusydiyono, Mata Madura

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional