Menu

Sumenep Berpotensi Menjadi Kota Wisata

  Dibaca : 990 kali
Sumenep Berpotensi Menjadi Kota Wisata
Masjid Jamik Sumenep, salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Sumenep. (Foto Istimewa/bhinnekapariwisata.com)
Link Banner

Oleh: Alfiyah Damayanti*

Sumenep adalah salah satu dari empat kabupaten/kota yang ada di Pulau Madura. Letaknya yang berada di ujung timur Pulau Garam ini mempunyai potensi tinggi untuk menjadi tempat wisata yang indah serta elok dinikmati pemandangan alamnya.

Selain terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sejatinya, Sumenep juga dapat memanjakan masyarakat dengan tatanan indah di sepanjang jalannya. Mengapa tidak? Kota ini sudah mempunyai daya tarik tersendiri yang disuguhkan murni oleh alam.

Apabila dibandingkan dengan kota wisata lainnya, Sumenep sebenarnya mempunyai potensi untuk menjadi ‘Kota Wisata’. Hanya saja membutuhkan bantuan tangan-tangan kreatif yang dapat mempercantik tatanan keasriannya.

Beberapa bonsai yang dijajar rapi dengan jarak yang begitu teratur sudah merupakan langkah yang tepat untuk memperindah jalanan kota ini. Hanya saja, rumput-rumput liar yang ada di sekitar jalan harus dibasmi agar tidak menyumbangkan nilai negatif terhadap keasrian jalan kota.

Begitupun dengan trotoar jalan yang memerlukan sedikit perhatian dari para pencinta lestari kota. Dengan mewarnainya dengan beberapa cat, maka trotoar jalan di Kota Sumenep ini sudah pasti dapat memberi investasi positif terhadap keindahan kota.

Lampu-lampu cantik nan unik juga mengundang perhatian yang tak kalah memanja. Sangat disayangkan sekali apabila lampu-lampu penghias yang ada di jalanan Kota Sumenep ini dibiarkan rusak, mati, dan tidak dapat memberi kesan indah saat malam hari.

Dengan curahan perhatian dari pencinta dan pelestari alam yang ada di Kota Sumenep, serta sentuhan tangan-tangan kreatif konstruktor akan menjadikan Sumenep menjadi kota yang indah dan menawan.

Seiring bertambahnya pengetahuan dan kemajuan, diharapkan para petugas, kaula muda, masyarakat dan seluruh elemen yang ada dapat membangun strategi dan saling memberikan motivasi untuk merealisasikan aura wisata yang terhirup di kota kecil ini.

*Penulis merupakan mahasiswi di UIN Maliki Malang. Ia berdomisili di Sera Barat Bluto. Dan menghabiskan bangku sekolah di Ponpes Nurul Islam, Bluto.

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional