Menu

Surabaya-Masalembu; Mudik Gratis Perdana dari Gubernur Jatim

Surabaya-Masalembu; Mudik Gratis Perdana dari Gubernur Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Kadishub Jatim Fatah Yasin saat menemui pemudik tujuan Surabaya-Masalembu, Rabu sore (29/5/2019). Dwi/Mata Madura
Link Banner

matamaduranews.comSURABAYA-Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa melepas program Mudik Gratis perdana di Pelabuhan Perak Garuda Surya Nusantara, Rabu sore (29/5/2019). Ada 460 penumpang tujuan Surabaya-Masalembu menaiki Kapal Dharma Kartika III yang dilengkapi fasilitas full AC, tempat tidur dan sarana hiburan.

Sebelum melepas Mudik Bareng Gratis 2019 itu, Gubernur Khofifah didampingi Kadishub Jatim, Fatah Yasin bersama jajaran Dinas Perhubungan serta petugas Pelindo III menyapa para penumpang yang sudah berada di atas kapal Dharma Kartika III.

Terlihat para penumpang sumringah saat disapa Gubernur Khofifah. Para  mudik mengakui fasilitas program Mudik Gratis tujuan Pulau  Masalembu, Sumenep ini, benar memanja penumpang. “Nyaman dan fasilitasnya istimewa,” aku Supri, warga Desa Masalima saat disapa Khofifah.

Selain fasilitas tergolong wah, kecepatan kapal juga menjadi atensi Dinas Perhubungan Pemprov Jatim.Menurut Fatah Yasin, jika perjalanan kapal biasa memakan waktu 18 jam untuk tiba di Masalembu. Namun kapal dengan fasilitas Mudik Bareng Gratis dari Pemprov Jawa Timur ini, para penumpang akan tiba di Pulau Masalembu dalam waktu 13 jam.

Penumpang Mudik Gratis tentu sudah mendaftar terlebih dahulu via offline dan online. Setelah terdaftar, peserta dilakukan verifikasi.

Tidak sedikit para penumpang mengaku diperlakukan istimewa. Seperti yang diakui Rahman. Pemuda rantau dari Jakarta ini, merasa senang mudik ke kampung halaman di Sukajeruk, Masalembu karena dilepas langsung Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

“Selain gratis, penumpang dapat bingkisan, nyaman onggu,” ucapnya dengan logat Madura dihadapan Gubernur Khofifah.

Khofifah berharap, mudik gratis yang dibiayai APBD Pemprov Jatim ini bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. “Semoga perjalanan mudik ini aman dan nnyaman.Sehingga bisa berkumpul dengan sanak keluarga. Salam kepada keluarga,” kata Khofifah saat sambutan melepas para penumpang.

Mudik Gratis 2019 yang di sediakan Pemprov Jatim untuk bus  sebanyak 26.400 penumpang. Jalur kereta api sebanyak 166.000 penumpang. Dan untuk jalur laut total ada 15 ribu penumpang.

Inovasi Dishub Jatim melalui Mudik Bareng Gratis tahun ini tergolong unik. Sebab, pada hari Minggu (2/6/2019) mendatang program Mudik Bareng Gratis Pemprov Jatim akan mendapatkan Rekor MURI sebagai penyelenggara program Mudik Gratis terbesar. Jumlah total pemudik sebanyak 245 ribu penumpang.

Fatah Yasin dalam sambutan menyebut, untuk antisipasi lonjakan jalur laut, Pemprov Jatim telah menambah armada kapal untuk melayani mudik dan balik gratis kepulauan sebanyak 6 rute.

“Keenam rute tersebut antara lain, Surabaya-Masalembu (PP) sebanyak 4 voyage, Tanjung Wangi – Sapeken 4 voyage, Gresik-Bawean PP sebanyak 4 voyage dan Kalianget-Kangean sebanyak 5 voyage,” jelas putra asli Sumenep ini.

Karena itu, Yasin berharap, para penumpang mudik gratis bisa menikmati fasilitas yang ada dan sampai tujuan dengan selamat hingga bisa berkumpul dengan sanak saudara.
.
Dwi Okta, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional