Suramadu Festival 2017, Sarana Perkenalkan Budaya Madura

Grup Nasyid As Sa'adah saat tampil di Suramdu Festival 2017. (foto, Agus)
Grup Nasyid As Sa’adah saat tampil di Suramdu Festival 2017.
(foto, Agus)

MataMaduraNews.comBangkalan – Bebagai macam hiburan ditampilkan dalam acara Suramadu Festival 2017, Minggu (21/05/2017). Acara yang di gelar di lapangan jalan menuju Jembatan Suramadu sisi Madura itu dimulai sejak pukul 07.00 Wib hingga pukul 21.00 Wib. Tujuan di adakannya acara tersebut adalah pesta rakyat Surabaya dan Madura khususnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam acara tersebut adalah sport (olahraga), art (seni), culture (budaya), culinary (kuliner) dan craft (kerajinan). Acara yang bertemakan “Madura bersatu dalam seni dan budaya” itu dibuka dengan Fun Run melewati jembatan Suramadu dengan peserta sekitar 1.800 orang lebih.

Achsanul Qosasi salah satu tokoh Madura dalam sambutannya ketika membuka Fun Run mengatakan bahwa budaya Madura harus terexpose serta bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia utamanya di kancah internasional. “Ini adalah salah satu cara pertunjukan kepada nusantara bahwa masyarakat Madura siap untuk dikunjungi, termasuk oleh orang-orang yang mau berinvestasi,” ucapnya.

Dikatakannya, Madura itu santun dan ramah, tidak seperti yang orang-orang sangkakan selama ini bahwa Madura dikenal sebagai orang yang keras. Namun Madura juga penuh dengan kekayaan yang beragam. Salah satunya dibidang kebudayaan dan pariwisata. “Kita ini dipandang orang yang keras, kasar. Nah dengan adanya fesitival ini kita ingin menunjukkan bahwa kita ini masyarakat yang santun dan ramah, sehingga masyarakat luar dapat menikmati dan tidak segan datang kemadura,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Bupati Bangkalan Mondir A rofii yang juga ikut memeriahkan acara Fun Run mengatakan pemerintah Kabupaten Bangkalan sangat mengapresiasi acara Suramadu Festival tersebut. Menurutnya hal itu merupakan salah satu bukti bahwa Madura kaya akan seni dan budaya. “Ini juga sebagai bukti bahwa kita di Madura khususnya di Bangkalan juga bisa membuka diri khususnya bagi investor,” ujarnya.

Oleh karena itu ia mengajak warga Madura khususnya Bangkalan untuk datang memeriahkan Suramadu Festival 2017. “Ayo warga Bangkalan untuk datang kesini ikut memeriahkan acara ini,” ajaknya.

Sementara itu Sarbini gazali selaku ketua panitia Suramadu Festival 2017 mengatakan bahwa acara ini adalah pesta masyarakat khususnya orang Madura. Sarbini sapaan akrabnya berharap kepada masyarakat supaya melek budaya Madura sendiri. “Ini adalah acara pesta kita yang dimeriahkan dengan penampilan-penampilan yang berbau budaya Madura salah satunya budaya Saronen dari group putra mahkota batang-batang sumenep dan Saronen macan kemayoran,” jelasnya.

Tidak hanya itu, hiburan kesenian pun ikut meramaikan Suramadu Festival 2017, diantaranya adalah Seni Tari Topeng, Tari Aeng Tase Suramadu, Tari Gengan Maronggi, Tari Jaring Lanjeng, Tarian Rampak Lalampan dan Kacong tor Cebing.

Dalam acara itupun juga menampilkan Hadrah (Sanggar Nurul Hikmah Sumenep) dan Hadrah (Maha Karya Bintang Sembilan) serta Nasyid As Sa-Sa’adah dan tidak ketinggalan juga musik Duk Duk dan musik Ghul Ghul.

Artis ibu kota asal Madura seperti Irwan D’Academy, Rani Rusdi, Yus Yunus, dan Joni Iskandar ikut tampil memeriahkan Suramadu Festival 2017.

Agus, Mata Bangkalan

Tinggalkan Balasan