Menu

Terinspirasi Pameran KriyaNusa, Ketua Dekranasda Sumenep Ingin Manfaatkan Serabut Kelapa

  Dibaca : 77 kali
Terinspirasi Pameran KriyaNusa, Ketua Dekranasda Sumenep Ingin Manfaatkan Serabut Kelapa
Ketua Dekranasda Sumenep, Nurfitriana Busyro Karim menunjukkan salah satu produk di Pameran KriyaNusa Jakarta setelah berbincang dengan perajinnya. (Foto for Mata Madura)
Link Banner

matamaduranewa.comJAKARTA-Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur Nurfitriana Busyro menghadiri Pameran Kerajinan KriyaNusa 2018, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta.

Dihubungi via WhatsApp pribadinya, Bunda Fitri-sapaan akrab Ketua Dekranasda Sumenep mengungkapkan, pameran Kerajinan KriyaNusa yang akan digelar sejak hari ini, Rabu (26/09) hingga Ahad (30/09) mendatang itu, dalam rangka memperingati HUT Dekranasda yang ke-38.

Pameran tersebut mengangkat tema ‘Tingkatkan Sinergitas dan Kreativitas Wirausaha Milenia!’ dengan mengusung ikon daerah Nusantara dari Aceh, yakni motif Pucuk Rebung.

Disebutkan bahwa pameran tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Mufidah Jusuf Kalla.

“Turut hadir pula dalam acara pembukaan, Ibu Negara Iriana Joko Widodo,” kata Bunda Fitri yang juga Ketua Perempuan Bangsa Sumenep.

Lebih lanjut, Bunda Fitri menceritakan perihal kehadirannya di pameran kerajinan bergengsi tersebut. Salah satunya jumlah dan varian produk pameran yang dibawa dari berbagai daerah di Nusantara.

Di antaranya ada tas dari kayu, aksesoris yang semuanya memanfaatkan bahan bahan khas daerah masing-masing, dan masih banyak yang lainnya.

“Ada sepatu dari serabut kelapa,” sebutnya.

Pameran kali ini, oleh Bunda Fitri akan dijadikan kesempatan untuk melihat dan mencari referensi untuk pengembangan produk kerajinan di Sumenep.

“Saya ke sini untuk melihat lihat stand dari daerah lain sebagai inspirasi untuk dikembangkan di Sumenep,” aku perempuan yang dijuluki Srikandi Madura itu.

Bahkan, Bunda Fitri sudah komunikasi dan konsultasi kepada sebagian perajin, terutama pengrajin sepatu berbahan serabut kelapa.

“Saya minta perajinnya untuk alih teknologi ke Sumenep karena di Sumenep punya¬†banyak potensi kelapa,” pungkasnya.

Rusydiyono, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner
Link Banner Link Banner

Kategori Pilihan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional