Menu

Tes PMB STIT Al Karimiyyah Sumenep, MPI Masih Jadi Prodi Terfavorit

Tes PMB STIT Al Karimiyyah Sumenep, MPI Masih Jadi Prodi Terfavorit
PMB STIT Al Karimiyyah Sumenep. (Foto IST/stit-alkarimiyyah.ac.id)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Tes Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al Karimiyyah Beraji, Gapura, Sumenep sudah dilaksanakan pada Kamis, 25 Juli 2019 lalu. Tesan tersebut menyatukan dua gelombang, pertama dan kedua dengan jumlah peserta tes sebanyak 55 orang.

Pelaksanaan Tes PMB STIT Al Karimiyyah merupakan kegiatan yang rutin dilaksakan setiap tahun menjelang tahun akademik baru dimulai. Tes dilakukan sebagai salah satu bentuk tinjauan dari pihak akademik untuk mengetahui bagaimana keseriusan dan kemampuan dari calon mahasiswa yang mendaftarkan diri di kampus PATOT tersebut.

Ketua Pelaksana PMB 2019, Mukhlis mengungkapkan, ada sekitar 65 calon mahasiswa baru (Camaba) yang mendaftarkan diri dalam gelombang pertama dan kedua. Namun, tes waktu itu hanya diikuti oleh 55 orang Camaba.

”Saya kroscek tadi jumlah calon mahasiswa yang mendaftarkan diri sekitar 65. Entah yang 10 kurang ada alasan yang jelas, padahal pihak akademik sudah menghubungi dua hari sebelum pelaksanaan,” ungkapnya saat ditemui di sela-sela pelaksanaan tes.

Bagi Camaba yang tidak ikut tes, lanjut Muhklis, masih ada satu kesempatan lagi. Mereka harus ikut gelombang ketiga jika ingin tetap kuliah di STIT Al Karimiyyah. ”Otomatis harus ikut gelombang ketiga ingin kuliah di STIT Al Karimiyyah,” tegas dia.

Menurut Mukhlis PMB kali ini mengalami peningkatan yang signifikan dibanding tahun akademik sebelumnya. Hal itu dibuktikan dengan peningkatan jumlah Camaba yang mendaftar, baik secara online maupun secara manual yang datang langsung ke STIT Al Karimiyyah.

”Tahun 2019 ini, kami membuka prodi baru, di antaranya Psikologi Islam (PI), Manajemen Bisnis Syariah (MBS), dan Pemikiran Politik Islam (PPI),” tutur Mukhlis.

Penambahan prodi itu, jelas memiliki efek terhadap peningkatan jumlah Camaba yang mendaftar. Namun sampai tahun ini, Manajemen Pendidikan Islam (MPI) masih menjadi prodi favorit mahasiswa baru, bersanding dengan prodi baru Menejemen Bisnis Syariah (MBS) yang juga banyak diminati.

”Dibanding prodi PBA, Prodi MPI dan MBSI malah lebih banyak yang mendaftar,” jelas Mukhlis.

Perlu diketahui, STIT Al Karimiyyah tahun ini menambah tiga prodi baru sebagaimana disebutkan Muhklis. Sebelumnya sudah ada empat prodi, yakni MPI, PBA, PGMI dan PIAUD.

Dengan penambahan tiga prodi itu, total jumlah prodi di STIT Al Karimiyyah sudah ada tujuh. Informasi yang dilansir Mata Madura dari Buletin KREASI milik LPM Dialektika kampus tersebut, penambahan tiga prodi baru sekaligus program Pascasarjana dilakukan bersamaan dengan proses alih status menjadi Institut Kariman Wirayudha (INKADHA) sebagaimana telah diterbitkan secara bersambung di beberapa edisi Mata Madura sebelumnya.

Fahrun/Rosi, Kontributor Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Fans Page

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional