Menu

Tingkatkan Hasil Pertanian, TMMD 103 Berikan Penyuluhan Pembuatan Pupuk Non Organik

Tingkatkan Hasil Pertanian, TMMD 103 Berikan Penyuluhan Pembuatan Pupuk Non Organik
Para petani Desa Durin Timur, Bangkalan saat mengikuti praktik pembuatan pupuk non organik. (Foto Hasin/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comBANGKALAN– Selain melakukan kegiatan pembangunan fisik berupa insfrastruktur jalan, rehab rumah ibadah dan lainnya, pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Kodim 0829 yang dilaksanakan di Desa Durin Timur, Kecamatan Konang, Bangkalan, juga melakukan kegiatan penyuluhan kepada para petani, Sabtu (20/10/2018).

Penyuluhan pertanian yang dilaksanakan di Balai Desa Durin Timur tersebut memberikan materi tentang peningkatan produksi tanaman dengan mengunakan pupuk organik. Selain itu, para petani juga diberikan pemahaman tentang macam-macam jenis tanah, termasuk tanah kering dan keras yang merupakan sawah tadah hujan seperti struktur tanah yang berada di lokasi tempat TMMD berlangsung.

Dr. Ir. Nur Hidayati, MP mengatakan, tanah tandus memerlukan perlakuan khusus agar bisa menjadi tanah yang subur sehingga menghasilkan tanaman yang subur.

“Tanah yang tandus akan lebih baik jika menggunakan pupuk non organik yang terbuat dari fermentasi kotoran hewan dan daun-daunan kering,” ucap dosen Fakultas Pertanian Unisma yang pada kesempatan tersebut berperan sebagai narasumber.

Sementara itu, Kepala Desa Durin Timur, Haji Marlayem Umar Faruq mengatakan, kegiatan penyuluhan pertanian yang merupakan bagian dari program TMMD ke-103 itu sangat bermanfaat karena memberikan petani wawasan baru tentang bertani yang lebih baik.

“Masyarakat kami itu mayoritas petani, lahan di sini memang cocoknya ditanami padi dan jagung. Semoga penyuluhan ini bisa membawa manfaat karena mungkin masih ada beberapa petani yang tidak tahu cara bercocok tanam yang benar,” paparnya.

Sedangkan, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0829 Bangkalan Kapten Inf Tamam menyampaikan, penyuluhan pertanian tersebut diharapkan bisa semakin memajukan pertanian di Desa Durin Timur dan sekitarnya. Harapannya, setelah penyuluhan petani  dapat menerapkan teknologi budi daya padi dan  jagung yang lebih baik.

“Ya semoga dengan diberikannya penyuluhan ini masyarakat semakin tahu dan paham tentang bertanam jagung, sehingga akan menghasilkan panen yang bagus dan ekonomi masyarakatpun akan meningkat,” pungkasnya.

Hasin, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Fans Page

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional