Menu

Topak Ladeh, Kuliner Khas Lebaran

  Dibaca : 20 kali
Topak Ladeh, Kuliner Khas Lebaran
Topak Ladeh, (foto: Google)

MataMaduraNews.com –BANGKALAN– Pulau madura kaya akan adat dan budayanya, tidak hanya tentang busana dan tata bahasanya tapi juga tentang kuliner khas yang tidak jarang membuat kita rindu akan kampung halaman apabila mengingatnya pada saat berada nan jauh diperantauan. Karena sebagian besar masyarakat Madura mencari nafkah dengan cara merantau baik di dalam negeri maupun ke luar negeri.

Saat ini redaksi akan membahas tentang salah satu kuliner khas pulau Madura yang biasanya dihidangkan pada saat lebaran tiba, yaitu topak ladeh. Topak Ladeh berwujud lontong yang disiram dengan kuah yang berisi irisan daging, telur dan jeroan sapi. Rasanya sangat kaya akan rempah-rempah. Kenikmatan ini semakin terasa dengan adanya potongan kacang panjang dan potongan sayur pepaya muda.

Wah jadi Kebayang kan gimana lezatnya.

Membuat Topa Ladeh tidak bisa sembarangan. Daging sapi beserta jerohannya harus melalui proses khusus yaitu dengan cara dikukus hingga matang dan empuk. Begitu pula dengan pelengkapnya berupa irisan telur, sayur kacang panjang, sayur pepaya dan bubuk koya yang terbuat dari bubuk jagung yang telah dikeringkan. Beberapa orang juga suka menambahkan sambal urap di atasnya. Bagi sebagian orang menu hidangan ini seakan menjadi menu wajib disaat hari raya idul fitri, gimana jadi penasaran kan?

Silahkan berkunjung kepulau Madura dan nikmati sensasi nikmatnya kuliner khas nusantara yang satu ini.

Hasin, Mata Bangkalan

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional