Catatan

Wabup Fauzi Berpotensi Menang di Pilkada Sumenep 2020

×

Wabup Fauzi Berpotensi Menang di Pilkada Sumenep 2020

Sebarkan artikel ini
Wabup Fauzi
Wabup Fauzi

Catatan: Hambali Rasidi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah merilis dan menguji coba Rancangan Peraturan KPU (PKPU) Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2020.

Dalam PKPU yang diujicoba mulai Senin (24/6/2019) ini masih dilandaskan pada UU Nomor 1 Tahun 2015, UU nomor 8 Tahun 2015 dan UU Nomor 10 Tahun 2016.

Sebagaimana diketahui, UU No 10 tahun 2016 tentang Pilkada, Pasal 7 ayat 2 poin (huruf) 0 dikatakan, setiap kepala daerah aktif yang hendak mencalonkan diri dalam Pilkada harus berhenti dari jabatannya, apabila mencalonkan diri di daerah lain sejak ditetapkan sebagai calon.

Artinya, jika Wakil Bupati Sumenep, Ach. Fauzi resmi mendaftar sebagai calon di Pilkada Sumenep 2020 tidak diwajibkan mundur. Dalam Pasal 70 ayat 3 UU Pilkada dikatakan, kepala daerah tersebut hanya diharuskan cuti selama masa kampanye dan tidak boleh menggunakan fasilitas negara selama menjalankan kampanye.

25 April 2020 jika Ach. Fauzi daftar di Pilkada Sumenep, jabatan Wabup tetap melekat hingga 16 Februari 2021. Dirinya masih memiliki bargaining position terhadap semua tingkatan birokrasi. Mulai tingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat paling desa karena jabatan yang masih melekat.

Memang, hingga saat ini, Wabup Fauzi belum deklarasi soal pencalonannya. Tapi, gerakan senyap sudah dia susun rapi. Mulai pertemuan dengan berbagai stakeholder hingga komunikasi yang terjalin baik di aneka tingkatan birokrasi Sumenep.

Kepada sejumlah media, keponakan Said Abdullah ini mengaku sedang  fokus pada tugas sebagai wakil bupati. Tidak terpikir soal pencalonan.

Lalu, posisi Bupati atau tetap Wabup yang diincar Fauzi? Ini yang menjadi teka-teki.

Jika posisi Bupati yang diincar,siapa figur yang diincar? Kalau tetap posisi Wabup, siapa yang digandeng?

Pertanyaan ini hanya bisa dijawab oleh andai-andai karena Fauzi tak pernah membocorkan.

Anda ngerti pilihan Fauzi?

Hanya dia calon incumbent. Lazimnya incumbent, modal menang di Pilkada di atas calon yang biasa-biasa.

Pesona Satelit, 25 Juni 2019

KPU Bangkalan
Tanah Kas Desa
Hankam

matamaduranews.com-WINANTO bertanya lokasi TKD ber-Letter C yang ramai…