Menu

Wabup Fauzi Dorong Perguruan Pencak Silat Jadi Ruang Aktualisasi Pemuda

Wabup Fauzi Dorong Perguruan Pencak Silat Jadi Ruang Aktualisasi Pemuda
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi ketika menghadiri Pengesahan Warga Baru PSHT Cabang Sumenep di Gedung KORPRI. (Foto Rusydiyono/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Kenakalan remaja dipicu banyak hal. Salah satu penyebabnya karena minim ruang aktualisasi bagi mereka.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi ketika menghadiri Selametan Pengesahan Calon Warga Baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat Madiun dan Cabang Sumenep, Kamis (05/09/2019) malam di Gedung KORPRI Sumenep.

Makanya, Wabup Fauzi mengajak semua pihak, termasuk perguruan pencak silat yang selama menjadi wadah bagi pemuda, agar terus istiqomah memberikan pembinaan.

Sehingga ke depan, keberadaan perguruan pencak silat benar-benar menjadi rumah bagi remaja Sumenep untuk menghindar dari pengaruh buruk pergaulan bebas.

“Cara terbaik mengantisipasi akibat negatif era globalisasi adalah mengembangkan bakat remaja melalui berbagai kegiatan salah satunya yakni pencak silat,” ujar suami Nia Kurnia itu.

Wabup Fauzi meminta keberadaan pencak silat agar tetap dijaga dan dilestarikan. Karenanya diperlukan pembinaan intens gar para generasi penerusnya menjiwai, mulai dari jurus hingga filosofi dari semua yang berkenaan dengan seni pencak silat.

“Pencak silat memiliki eksistensi dan filosofi dalam kehidupan masyarakat,” tegas politisi muda yang saat ini berstatus Ketua DPC PDI Perjuangan.

Selain alasan sebagai wadah bagi pemuda, lanjut Wabup Fauzi, seni pencak silat merupakan warisan turun temurun dari leluhur bangsa Indonesia ini yang sudah ada sejak berabad-abad lalu.

“Silat ini juga sebagai identitas bangsa yang memiliki banyak nilai filosofis seperti konsentrasi, keuletan, kreatifitas, keseimbangan dan kekuatan,” ungkap Wabup Fauzi disambut tepuk tangan para pendekar saat itu.

Rusydiyono, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Fans Page

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional