Politik

Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad; Empat Periode Lewat Parpol Berbeda

×

Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad; Empat Periode Lewat Parpol Berbeda

Sebarkan artikel ini
Anwar Sadad Politisi Muda NU
Anwar Sadad, MAg pada suatu acara di televisi. (foto:dokumen)

matamaduranews.comSURABAYAWakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad, MAg tergolong politisi yunior di antara wakil pimpinan DPRD Jatim.

Senin (30/9/2019) Anwar Sadad diambil sumpah dan janji sebagai pimpinan DPRD Jatim masa jabatan 2019-2024.

Kusnadi sebagai Ketua DPRD Jatim (FPDI-P). Dibantu 4 Wakil Ketua, Abdul Halim Iskandar (F-PKB), Anwar Sadad (F-Gerindra), Achmad Iskandar (F-PD) dan Sahat Tua Simanjuntak (F-PG).

Anwar Sadad, lahir dari pasangan Kiai Usman (Bangkalan) dan (alm) Nyai Hulliyah Bahar (Sidogiri, Pasuruan), 46 tahun lalu.

Meski masih belia di belantara Jawa Timur. Tapi sosok Gus Sadad-biasa orang memanggil-tergolong politisi ulung.

Sadad menjabat anggota DPRD Provinsi Jatim empat periode berturut-turut lewat bendera parpol berbeda.

Pada Pileg tahun 2004, mantan pengurus PKC PMII Jatim ini, mencalonkan diri lewat PKB dari Dapil Pasuruan-Probolinggo. Sistem nomor urut, Sadad terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi dari PKB.

Ketertarikan Sadad di dunia politik berawal dari kepercayaan Choirul Anam, seniornya sekaligus guru politik Sadad.

Sadad sempat menjabat Wakil Sekretrais DPW PKB Jatim di kepemimpinan Choirul Anam. Di tengah konflik internal PKB, Cak Anam mendirikan PKNU.

Sadad ikut ke gerbong Cak Anam dan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Provinsi dari PKNU. Pencalonannya  terpilih kembali pada Pileg 2009.

Pada Pileg 2014, PKNU tidak bisa ikut pemilu. Sadad disarankan Cak Anam untuk merapat ke Partai Gerindra. Sadad terpilih kembali sebagai anggota DPRD Jatim untuk pada periode ketiga.

Jelang Pilgub Jatim 2018, mayoritas DPC-DPC Gerindra se Jatim bersepakat mengusung Anwar Sadad sebagai figur Bacawagub dari Gerindra.

Aspirasi DPC-DPC Gerindra ini, disampaikan dalam Rakerda yang digelar di Malang dan Surabaya, waktu 2017, lalu.

Hasil Pileg 2019, Anwar Sadad diberi mandat oleh DPP Gerindra untuk menempati Wakil Ketua DPRD Jatim.

“Empat kali periode berturut-turut terpilih anggota DPRD Provinsi tak lepas dari jasa orang lain. Itu tidak akan saya lupakan,” ucap mahasiswa program doktoral Pasca Sarjana UIN Sunan Ampel, Surabaya, ini tanpa menyebut siapa orang yang paling berjasa dalam pilihan politiknya.

Hadi, Mata Surabaya

KPU Bangkalan