Menu

Warga Membludak, Petugas Pengobatan Gratis di Pangarengan Kewalahan

  Dibaca : 75 kali
Warga Membludak, Petugas Pengobatan Gratis di Pangarengan Kewalahan
Suasana pengobatan gratis bagi warga tiga desa di Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang di SDN Pacanggaan II. (Foto Kirom/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSAMPANG-Pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh Karang Taruna dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang di tiga desa Kecamatan Pangarengan dipadati warga. Alhasil, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, meskipun petugas tampak kewalahan.

Tiga desa yang menjadi objek pengobatan gratis itu meliputi Pacanggaan, Gulbung dan Penyerangan. Adapun tempat yang digunakan adalah SDN Pacanggaan II.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Sampang, Moh Jakfar menjelaskan, pengobatan gratis tersebut sekaligus sosialisasi bagi masyarakat yang berobat dalam mencegah berbagai penyakit yang datang, seperti gatal-gatal, diare, dan demam berdarah.

Sedangkan 20 petugas yang dilibatkan meliputi dokter dan perawat dari Puskesmas Pangarengan dan Akper Nata Sampang.

“Saya senang dengan antusiasme masyarakat. Selain mempermudah masyarakat berobat dan membantu masyarakat yang mau berobat tapi tidak punya uang, baksos ini juga bagian dari pengabdian Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan,” ungkap Jakfar, Minggu (24/02/2019).

“Kegiatan ini tidak dipungut uang sepeserpun alias gratis,” imbuh pemuda berusia 30 tahun tersebut.

Sebelum diberikan obat, seluruh pasien diperiksa terlebih dahulu untuk mengetahui penyakit apa yang diderita. Hal tersebut juga bertujuan agar petugas tidak salah dalam memberikan obat pada setiap pasien.

Selain itu, petugas medis juga memberikan pengarahan kepada masyarakat yang hadir dalam mencegah berbagai penyakit yang akan datang.

“Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati. Bapak-ibu jangan lupa mencuci tangan kalau mau makan, membersihkan dapur dan toilet,” kata Mei Lestari Ika Widyyati, salah seorang dosen Akper Nata Sampang.

Sementara itu, pengobatan gratis tersebut mendapat respon positif dari masyarakat. Salah satunya seperti diungkapkan Rohman, warga asal Pacanggaan yang berobat karena menderita sakit pinggang dan gatal-gatal.

“Alhamdulillah siapa tahu sembuh. Ketimbang bayar, ini kan alhamdulillah ada pengobatan gratis,” tuturnya, usai berobat.

Untuk diketahui, pengobatan gratis tersebut dilaksanakan Karang Taruna bekerja sama dengan Dinkes Sampang melalui Puskesmas Kecamatan Pangarengan, Komunitas Peduli Kasih Sesama, dan Akper Nata Sampang. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 12.00 itu juga didukung oleh Akbid Graha Husada Sampang, Taruna Siaga Bencana (TAGANA), dan forum Mahasiswa Sampang (FORMASA).

Kirom, Mata Madura

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional