Berita

Waspada!!! Ombak 3 Meter Pertengahan Agustus

×

Waspada!!! Ombak 3 Meter Pertengahan Agustus

Sebarkan artikel ini
Waspada!!! Ombak 3 Meter Pertengahan Agustus
(Foto/BMKG Kalianget for Mata Madura)

MataMaduraNews.comSUMENEP-Dalam sepekan mendatang, cuaca masih belum bersahabat. Dari rilis BMKG Perak Surabaya, yang disampaikan Kepala BMKG Kalianget, Usman Kholid melalui WhatsApp (WA), mulai tanggal 09 Agustus 2018, pada umumnya ketinggian gelombang laut di Perairan sebelah utara Jawa Timur antara 1.5 – 2.0 meter.

“Terjadi kenaikan ketinggian gelombang menjadi 2.5 – 3.0 meter pada tanggal 14 Agustus 2018 di wilayah Laut Jawa bagian Timur, Perairan Kangean, Perairan Masalembu, Perairan Utara Jawa Timur, dan Perairan Bawean,” katanya pada MataMaduraNews.com, Kamis (09/08).

Lebih lanjut, Usman juga mengatakan bahwa perlu diwaspadai untuk wilayah Selat Madura, khususnya mulai besok dan sehari setelahnya. “Ketinggian gelombang laut berpotensi mencapai 2 meter pada tanggal 10 – 11 Agustus 2018, di wilayah tersebut,” jelasnya.

Prakiraan Cuaca Besok

Khusus prakiraan cuaca harian Jumat, 10 Agustus 2018, besok mulai pukul 07.00 WIB hingga 24 jam setelahnya, menurut Usman, secara umum berawan. Untuk zona laut, hujan ringan berpotensi terjadi di Perairan Selatan Jatim. Sedang arah angin dominan dari arah T – TG.

“Kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sekitar 24 knots (43 kilometer/jam) dan di Samudera Hindia selatan Jatim sekitar 30 knots (60 km/jam),” urainya.

Tinggi gelombang di Laut Jawa bagian timut antara 0.8 sampai 2.0 meter, dan di Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.5 sampai 3.0 meter. “Kami imbau tetap harus waspada,” kata Usman.

Waspada!!! Ombak 3 Meter Pertengahan Agustus
Info Prakiraan Cuaca Empat Kabupaten di Madura. (Foto/BMKG Kalianget for Mata Madura)

Sementara suhu cuaca Sumenep, disampaikan staf BMKG Kalianget, Oktaviana Sari, berada di kisaran 26 derajat celcius (pagi), 30 derajat celcius (siang), dan 26 derajat celcius (malam). Kelembaban di kisaran 90% (pagi), 60% (siang), 80% (malam). “Kecepatan angin di darat di kisaran 9,3 km/jam pada pagi hari, dan 18,5 km/jam waktu siang dan malam,” tutup Oktaviana.

Sedangkan suhu cuaca untuk tiga kabupaten lainnya, Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan, bisa dilihat di tabel.

R M Farhan, Mata Madura

KPU Bangkalan