Yuk, Puasa Sehat dengan Kurma

Kurma@alfoah.ae
[email protected]

MataMaduraNews.com – Di bulan suci Ramadhan ini, Kurma merupakan buah yang sudah sangat terkenal dari masa ke masa. Bahkan, ia bukan hanya tak asing, tetapi sudah identik dengan datangnya bulan puasa. Boleh jadi, ia adalah tanda dari sekian pertanda bahwa Ramadhan telah tiba.

Selain rasanya yang manis, buah yang berasal dari Timur Tengah ini juga terkenal akan kandungannya yang menyehatkan. Tak heran buah yang satu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat buka puasa. Karena rasa manis yang didapatkan dalam Kurma ini memberikan sumber energi yang hilang setelah seharian menjalani puasa.

Alasan lain, mengonsumsi buah Kurma ketika berbuka bisa membuat perut menjadi cepat kenyang, maka dengan begitu dapat membantu kita dalam mengontrol nafsu makan ketika berbuka agar tidak makan berlebihan. Barangkali itu pula alasan kenapa berbuka dengan yang manis menjadi anjuran dalam agama Islam.

Tak heran, jelang Ramadhan Kurma menjadi penganan yang banyak ditawarkan oleh berbagai pusat perbelanjaan, dari kaki lima hingga super market yang besar. Aneka jenis Kurma dengan bentuk, ukuran dan rasa yang bervariasi bisa dipilih dan disantap saat berbuka puasa atau jelang sahur. Bahkan untuk ngemil pun buah yang rasanya manis legit ini tetap saja enak.

Dilansir dari life.viva.co.id, kandungan yang terdapat dalam buah ini mampu mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit pada tubuh manusia. Situs itu juga menyebut ada beberapa zat yang terdapat dalam kurma, seperti vitamin C,  mineral, selenium, mangan, magnesium dan kalium. Sedangkan dalam laman disehat.com, Kurma dijelaskan memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfat bagi kesehatan. Di antaranya mengandung gula antara 75%-87%, untuk gula yang berbentuk glukosa sekitar 55% sedangkan 45% membentuk fruktosa.

Manfaat Kurma sangat berguna untuk tubuh karena banyak mengandung protein, mineral, lemak dan vitamin antara lain vitamin A, B2, B12. Bahkan, vitamin C-nya dalam life.viva.co.id disebut dapat mengatasi berbagai gangguan sariawan dan gangguan pencernaan. Sementara mineral, selenium, mangan dan magnesium dan kalium mampu menjaga kekuatan tulang. Karena banyak manfaat yang dikandung itulah, buah ini menjadi salah satu yang sangat digemari untuk santapan saat berbuka puasa. Kandungan yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam Kurma memiliki manfaat bagi kesehatan seseorang ketika menjalani puasa. Berikut Mata Madura telah rangkum ulasan manfaat dari buah coklat manis ini dari berbagai sumber terpercaya.

Menyeimbangkan Tingkat Keasaman Darah
Tingkat keasaman darah memang cenderung meningkat saat berbuka puasa. Hal ini biasanya disebabkan mengonsumsi daging dan karbohidrat. Untuk menghindari hal itu, sangat disarankan untuk memakan Kurma terlebih dahulu sebelum menyantap menu buka puasa, karena Kurma memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman darah.

Menurunkan Tekanan Darah
Selain bermanfaat untuk menurunkan tingkat keasasaman darah, Kurma ternyata juga dapat membantu menstabilkan kembali hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi dapat perlahan diturunkan dengan mengonsumsi Kurma secara rutin.

Mencegah atau Menghilangkan Sembelit
Mengalami masalah dalam pencernaan seperti sembelit ketika puasa memang dialami banyak orang. Namun dengan rutin mengonsumsi Kurma saat berbuka akan mengatasi dan mencegah sembelit. Hal itu karena Kurma tinggi serat yang sangat efektif sekali dalam mengatasi masalah dalam pencernaan. Bahkan, Kurma bisa jadi solusi menghilangkan sembelit. Caranya, rendam 3-4 buah Kurma yang sudah diambil bijinya dengan air hangat. Tutup dan diamkan semalam. Pagi harinya (atau saat sahur) minum airnya dan makan buah rendaman tersebut. sembelit pun akan hilang dengan cepat.

Cegah Diare
Apabila sudah kadung diare, Kurma pun bisa jadi solusi. Untuk Anda yang mengalami sakit perut, kandungan kalium dalam Kurma dapat membantu menyembuhkan keluhan pencernaan tersebut.

Sebagai Sumber Energi
Kandungan glukosa yang sangat tinggi dalam Kurma merupakan sumber energi yang dapat membantu tubuh kembali segar bugar setelah seharian menjalani puasa. Maka mengonsumsi Kurma setiap berbuka menjadi cara yang sangat tepat. Namun bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi Kurma karena kandungan glukosanya sangat tidak baik bagi penderita diabetes.

Menjaga Kondisi Pencernaan
Ketika puasa tentu perut dalam kondisi kosong. Tak heran, jika diharuskan menyantap menu buka puasa yang berat seperti nasi dan lauk lainya tentu akan sedikit mengganggu kondisi kesehatan pencernaan. Namun, mengawali berbuka puasa dengan Kurma tidak akan mengagetkan perut karena Kurma sangat mudah untuk dicerna. Maka dengan begitu pencernaan Anda tidak akan mengalami masalah selama menjalankan puasa satu bulan lamanya.

Cegah Anemia
Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada Kurma juga dapat membantu meningkatkan sel darah merah dan menghilangkan anemia. Konsumsi secukupnya agar Anda tak kurang darah di bulan Ramadhan sehingga puasa berjalan lancar.

Turunkan Kolesterol
Berbeda dengan penderita diabetes, Kurma menjadi kabar baik untuk penderita kolesterol tinggi. Sebab, Kurma juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah, serta menyehatkan pembuluh darah arteri.

***

Itulah penjelasan mengenai manfaat Kurma bagi kesehatan di bulan puasa. Bahkan, mengonsumsi Kurma secara rutin pun disebut dapat membuat jantung kita lebih sehat, dan baik untuk program diet menurunkan berat badan.

Intinya, mengonsumsi Kurma dapat mengembalikan energi yang hilang saat beraktivitas. Buah ini secara efektif dapat mengeluarkan kotoran yang menumpuk di usus. Selain itu, juga dapat menyingkirkan kolesterol jahat.

”Semua orang mungkin telah tahu manfaat dari kurma, namun kurma kini tidak hanya dikonsumsi saat puasa saja, untuk hari biasa pun bisa dikonsumsi. Meski sulit didapat ketika bukan hari puasa, Anda bisa mencoba makanan dan minuman yang berbahan sari kurma,” ujar Direktur PT Kieran Bahari Aksara, Denny Liaw pada peluncuran Nafoura Kurma Water di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 2 Juni tahun lalu sebagaimana dilansir life.viva.co.id.

Kala itu, dia juga menyebut mengonsumsi kurma 3-5 biji dalam sehari juga dapat meningkatkan konsentrasi otak. Dengan mengetahui sejumlah manfaat Kurma tadi, maka kita dapat senantiasa menjaga kesehatan secara alami dengan rajin mengonsumsi buah ini setiap hari. Yuk, hidup dan puasa sehat dengan Kurma!

| dbs/rafiqi

Tinggalkan Balasan