7 Keutamaan Surat Al Kahfi, Yuk Baca di Hari Jumat!

7 Keutamaan Surat Al Kahfi, Yuk Baca di Hari Jumat!
Surat Al Kahfi

matamaduranews.com – Malam Jumat atau hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat Islam. Banyak keutamaan yang baik dilakukan seorang muslim di hari Jumat, seperti membaca surat Al Kahfi.

Dilansir Mata Madura dari Channel YouTube Doa Pedia, Jumat, 18 Februari 2022, Al Kahfi adalah salah satu surat dalam Alquran yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika umat Islam mau mengamalkannya.

Rasulullah SAW menganjurkan umat untuk membaca surat Al Kahfi setiap hari Jumat atau malam Jumat. Meskipun surat Al Kahfi tidak hanya baik dibaca pada hari Jumat saja, melainkan setiap hari lebih baik.

Membaca surat Al Kahfi adalah suatu yang dianjurkan atau mustahab di hari Jumat, karena pahalanya yang begitu besar. Salah satu keutamaan surat Al Kahfi yaitu diampuni dosa-dosa orang yang mengamalkannya di antara dua Jumat.

Berikut 7 keutamaan surat Al Kahfi dibaca di hari Jumat :

1. Menghindarkan diri dari fitnah Dajjal

Dari Ibnu Umar RA berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancarkan cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat dan diampuni dosanya antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Dan di antara keutamaan surah Al Kahfi lainnya, Allah juga akan memberikan cahaya penerangan terhadap kalbunya.

2. Diampuni dosa-dosanya

Imam Mardawaih meriwayatkan dari Ibnu Umar, “Barangsiapa membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan ada cahaya yang menyinari dari telapak kakinya hingga langit yang akan menyinarinya kelak pada hari kiamat. Dan dosanya akan diampuni di antara dua Jumat.”

3. Rumahnya tidak akan dimasuki setan

Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal, “Rumah yang dibacakan di dalamnya surah Al Kahfi atau Al Baqarah tidak akan dimasuki oleh setan sepanjang malam itu”.

4. Dipancarkan cahaya sejauh dirinya dan Ka’bah

Diriwayatkan dari sahabat Abu Sa’id al-Khudri RA bahwa Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa membaca surah Al Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya di dunia dan Baitul ‘Atiq (Ka’bah).” (Sunan Ad-Darimi, No. 3273)

5. Dipancarkan cahaya antara dua Jumat

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri RA, “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jumat.”

6. Dijaga dari dosa di antara dua Jumat

Abdullah bin Umar Ra berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancarkan cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.”  (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

7. Disinari pada hari kiamat

Imam Mardawaih meriwayatkan dari Ibnu Umar, “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan ada cahaya yang menyinari dari telapak kakinya hingga langit yang akan menyinarinya kelak pada hari kiamat.”

Inilah 7 keutamaan membaca surat Al Kahfi setiap malam Jumat atau hari Jumat. Semoga kita istiqomah mengamalkan surat Al Kahfi. (Wf01)

Exit mobile version