Nasional

Alat Rapid Test Covid-19 dari Belanda Diduga Bermasalah

×

Alat Rapid Test Covid-19 dari Belanda Diduga Bermasalah

Sebarkan artikel ini
Alat Rapid Test Covid-19 dari Belanda Diduga Bermasalah
Cover Majalah Tempo Edisi Senin 11 Mei 2020.

matamaduranews.com-Biozek alias alat uji cepat atau rapid test Covid-19 yang didatangkan BUMN PT Kimia Farma Tbk dari Belanda diduga bermasalah.

Hasil investigasi Tempo bersama Organized Crime and Corruption Reporting Project (OCCRP) justru menemukan bahwa alat itu merupakan produksi Cina. Bukan produksi Belanda (eropa).

Direktur Produksi dan Supply Chain Kimia Farma Andi Prazos menuturkan, kesepakatan dengan Perusahaan Farmasi Inzek Internasional Trading BV di Belanda terjadi pada awal April 2020.

Dia menyakini Biozek benar-benar diproduksi di Apeldoorn, Gelderland, Belanda. Kepercayaan itu diperkuat mana kala Inzek memperbolehkan Kimia Farma datang mengunjungi mereka.

“Ada sejumlah produsen yang tidak memperbolehkan kami menemui mereka, sehingga kami tidak jadi deal,” ucap Andi seperti dikutip dari Majalah Tempo edisi Senin, 11 Mei 2020.

Berdasrkan penelusuran OCCRP bersama Tempo menunjukkan Biozek bikinan Hangzhou Alltest Biotech Co. Ltd di Cina. Alat rapid test Covid-19 tersebut hanya dikemas ulang di Belanda.

Chief Executive Officer Inzek international Trading BV Zeki Hamid mengatakan, situs Biozek tak bermaksud menyebut alat itu diproduksi di Belanda.

“Melainkan merupakan merek Belanda,” kata Zeki.

Alat uji cepat Covid-19 itu ditemukan memiliki akurasi yang buruk. Sedangkan Hangzhou Alltest Biotech Co. Ltd mengklaim Biozek memiliki akurasi di atas 90 persen dalam mendeteksi dua sistem antibodi saat tubuh terkena infeksi bakteri, kuman, atau virus.

Berdasarkan beberapa penelitian, salah satunya adalah Studi non-peer review dari Spanyol, menemukan dari 55 sampel positif berdasarkan tes PCR lebih dari setengahnya dinyatakan negatif palsu melalui pengujian Alltest.

“(Hasil) Negatif palsu adalah bencana,” ucap Marien de Jonge, ilmuwan yang terlibat dalam penelitian Coronavirus Disease.

sumber: tempo.co

KPU Bangkalan