Kesehatan

Asyik..Bupati Sumenep Gratiskan USG Bagi Ibu Hamil

USG Gratis
ilustrasi (USG Gratis Bagi Ibu Hamil di seluruh puskesmas Sumenep)

matamaduranews.com-Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo terus berkreasi untuk memberi pelayanan kepada warganya. Kali ini Bupati Fauzi menerapkan program USG Gratis bagi ibu hamil yang memeriksa kehamilannya di semua Puskesmas.

Pelayanan Ultrasonografi (USG) bagi ibu hamil memakan biaya cukup tinggi. Karena itu, Bupati Fauzi berinisiatif untuk memberikan layanan gratis USG pada pemeriksaan ibu hamil jika pemeriksaan dilakukan di puskesmas.

Langkah ini diambil Bupati Fauzi untuk memberi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu hamil dan upaya percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi serta penurunan prevalensi balita stunting.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Ellya Fardasah mengungkapkan, saat ini alat USG masih tersedia di 17 puskesmas. 17 USG itu sudah dioperasikan di 17 puskesmas. Masih tersisa 13 USG untuk ditempatkan di 13 puskesmas.

“Saat ini 17 USG di 17 puskesmas sudah beroperasi. Sisa 13 USG untuk ditempatkan di 13 puskesmas. Semoga tahun ini semua puskesmas tersedia alat USG,” terang dr Ellya kepada Mata Madura, Selasa 15 Agustus 2023.

Kata dr Ellya, alat USG untuk puskesmas di Sumenep merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan RI. Kabupaten Sumenep sebagai penerima. “Seluruh penyedia alat USG dari Kemenkes RI,” pungkas dr Ellya.

Sementara, program Bupati Fauzi ini direspon oleh Achmad Syamsuri,S.Kep,M.Kes,M.H.Kepala Pukesmas Pandian. Menurutnya, pelayanan USG Gratis Bagi Ibu yang digagas Bupati Fauzisangat terasa dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Adanya alat USG ini sangat membantu dalam meningkatkan pelayanan serta pemeriksaan lebih maksimal terhadap pasien Ibu Hamil (Bumil) terutama untuk dapat mendeteksi kondisi kesehatan Ibu juga kesehatan dan posisi bayi yang berada dalam kandungan,” terang Syamsuri kepada media, beberapa waktu lalu.

Syamsuri mengakui, selama ini pelayanan puskesmas kurang maksimal karena faktor peralatan, salah satunya. Dengan kehadiran alat USG di puskesmas bisa melakukan pendektisian sejak dini terhadap kondisi bayi. “Sehingga petugas di puskesmas bisa memberi rujukan ke Dokter Obgyn atau dokter spesialis kandungan untuk segera di USG agar mendapatkan rekam informasi secara detail mengenai posisi serta kesehatan bayi tersebut.”tambahnya.

Sebelum pelayanan USG Gratis Bagi Ibu Hamil. Ada program Puskesmas ACN Terpadu. Menurut Syamsuri, program ACN itu merupakan pertemuan khusus Ibu Hamil untuk konsultasi kondisi kehamilan.

Sebelum alat USG dioperasikan. Sudah dilakukan pelatihan cara pengoprasian alat USG secara baik dan benar. (*)

Exit mobile version