Nasional

Begini Penjelasan SMKN 2 Sragen soal Bendera Identik HTI di Sekolah

×

Begini Penjelasan SMKN 2 Sragen soal Bendera Identik HTI di Sekolah

Sebarkan artikel ini
Begini Penjelasan SMKN 2 Sragen soal Bendera Identik HTI di Sekolah
Foto Bendera yang identik dengan HTI terbentang di SMKN 2 Sragen, Jateng sempat viral di medsos (foto:detik)

matamaduranews.com-Foto bendera identik lambang HTI yang dikelilingi murid-murid SMK Negeri 2 Sragen sempat viral di media sosial.

Bagaimana penjelasan sekolah?

“Jadi bendera itu dipinjam oleh salah satu siswa dari teman sekampungnya. Ceritanya, anak itu mengisi TPA di kampungnya, kemudian kembali lagi ke sekolah untuk mengikuti kegiatan Rohis. Nah, saat ke sekolah itu dia sempat pinjam bendera itu, kemudian dipakai foto-foto,” ujar Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kesiswaan SMK Negeri 2 Sragen, Setyanjadi, sebagaimana dikutip detik.com, Jumat (18/10/2019).

Menurutnya, para siswa sama sekali tidak mengetahui tindakan mereka menjadi polemik.

“Siswa tahunya itu bendera tauhid. Kemarin saya tanya mereka jelaskan bendera tauhid itu ada dua, yang latarnya putih dan hitam. Soal HTI malah anak- anak tidak paham HTI itu apa,” jelasnya.

Terkait ada satu pembimbing yang tampak ikut berfoto bersama para siswa, Setyanjadi mengakui orang tersebut adalah dari pihak sekolah.

“Itu adalah Pak Wera, beliau adalah pembina Rohis, resmi dari sekolah. Pengakuan beliau memang tahu ada bendera itu usai anak-anak mengajak berfoto. Tapi setelah itu tidak ada tindakan karena memang saat itu ghirahnya adalah pelantikan pengurus baru,” kata Setyanjadi.

Setyanjadi pun berjanji akan lebih berhati-hati melakukan pengawasan terhadap anak didiknya. Pihaknya kembali menegaskan jika di SMKN 2 Sragen sama sekali tidak terpapar radikalisme.

“Sembilan tahun saya membina para siswa, kami selalu terbuka. Saya kira teman-teman semua sudah paham dalamnya SMKN 2 Sragen,” imbuh Setyanjadi. (redaksi)

KPU Bangkalan