Pendidikan

Bupati Achmad Fauzi Minta Bunda PAUD Sumenep Tingkatkan Peran Membentuk Karakter Anak

×

Bupati Achmad Fauzi Minta Bunda PAUD Sumenep Tingkatkan Peran Membentuk Karakter Anak

Sebarkan artikel ini
Bunda PAUD Sumenep
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi ketika sambutan pada Pengukuhan dan Penguatan Pokja Bunda PAUD Sumenep Tahun 2021, Selasa (19/10/2021)

matamaduranews.comSUMENEP-Bupati Sumenep, Achmad Fauzi meminta para Bunda PAUD Sumenep meningkatkan perannya dalam membentuk karakter anak sebagai para penerus perjuangan bangsa.

Sebab, pendidikan pada usia dini memiliki peranan penting dan strategis dalam menyiapkan generasi penerus suatu negara.

“Penguatan pendidikan karakter sejak anak masih usia dini menjadi pilar utama pembentukan karakter manusia sebagai investasi penting untuk meneruskan pembangunan,” ungkapnya pada Pengukuhan dan Penguatan Pokja Bunda PAUD Sumenep Tahun 2021, Selasa (19/20/2021).

Menurut Bupati Achmad Fauzi, pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan jiwa utama dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia, membangun religiusitas, merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi ekosistem pendidikan.

Karena itu, Bupati Achmad Fauzi mengharapkan Bunda PAUD tingkat kecamatan dan kelurahan atau desa untuk melakukan revitalisasi peran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah masing-masing, guna mendorong keberhasilan pembentukan karakter generasi bangsa.

“Seluruh Bunda PAUD harus membantu dalam pengelolaan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini agar dilakukan secara profesional dan terarah, sehingga keberadaan lembaga pendidikan itu bukan hanya semata untuk mendapatkan kucuran dana bantuan dari pemerintah,” tutur Bupati.

Baca Juga: Bunda Nia Kurnia Fauzi Kukuhkan Pokja Bunda PAUD se-Kabupaten Sumenep

Tentu saja untuk memajukan lembaga pendidikannya, para Bunda PAUD harus membangun sinergitas dan kekompakan bersama semua elemen terkait, seperti dukungan tokoh masyarakat, tenaga pendidik dan orang tua anak didiknya.

“PAUD di Kabupaten Sumenep tidak bisa berkembang dengan baik apabila tidak ada dukungan semua pihak. Mudah-mudahan dengan pengukuhan dan penguatan Pokja PAUD ini, bisa memacu peningkatan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Sumenep,” harap Fauzi.

Pengukuhan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa Tahun 2021 dilakukan Bunda PAUD Sumenep, Nia Kurnia Fauzi di Sekretariat TP PKK.

Bunda Nia Kurnia Fauzi mengungkapkan, pihaknya menargetkan seluruh anak-anak mendapatkan akses Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau pendidikan pra SD.

“Kami memiliki target seluruh anak-anak di Kabupaten Sumenep mendapatkan akses PAUD atau pendidikan pra SD melalui program wajib PAUD satu tahun pra SD,” ungkapnya. (*)

KPU Bangkalan