Deva Rachman; Istri Kedua yang Membantu Dakwah Syekh Ali Jaber

×

Deva Rachman; Istri Kedua yang Membantu Dakwah Syekh Ali Jaber

Sebarkan artikel ini
Istri Kedua Syekh Ali Jaber
Deva Rachman dikenang sebagai sosok istri Syekh Ali Jaber yang banyak membantu kelancaran sang suami dalam berdakwah Islam. (FOTO:internet)

matamaduranews.comDeva Rachman sebagai istri kedua Syekh Ali Jaber angsung menjadi perbincangan banyak kalangan karena belum pernah terekspose.

Pasca Syekh Ali Jaber wafat pada hari Kamis 14 Januari 2021 lalu. Publik langsung terarah kepada sosok Deva Rachman.

Semula publik tak mengira jika mendiang Syekh Ali Jaber memiliki istri lagi selain istri Ummu Fahad yang masih mengandung janin dari almarhum.

Namun, Prof Arief Rachman, mertua Syekh Ali Jaber mengungkap akhlak menantunya dalam wawancara bersama Metro TV News.

Sang mertua berdoa agar sang menantu, Syekh Ali Jaber meninggal dunia dalam keadaan husnul khotimah.

Dalam wawancara itu, sang mertua juga mengaku kagum dan memujui sosok Syekh Ali Jaber.

Baginya, Syekh Ali Jaber adalah sosok yang rendah hati dan tidak sombong.

“Syekh Ali Jaber sebagaimana biasanya kalau ulama besar, sangat rendah hati, tidak sombong. Dia bergaul dengan istri saya, anak saya, seluruh keluarga besar saya, dengan baik,” imbuh Prof Arief.

Selain sang mertua ikut mengenang akhlak Syekh Ali Jaber.

Deva Rachman sendiri mengungkap isi cinta dan rindu kepada sang suami pasca Syekh Ali Jaber wafat.

Melalui akun twitter pribadinya. Deva menulis di Twitternya, Minggu, 17 Januari 2021 sembari mempost foto mendiang Syekh Ali Jaber.

“Ketika yang tercinta pergi, ke mana harus mengucapkan rindu? Ke Allah. Takdir itu indah, semua sudah tertulis 50 ribu tahun sebelum bumi diciptakan. Jangan terlalu bersedih, karena janji Allah benar. Tiket kita sama, insya Allah kita pasti bertemu lagi,” cuitnya.

Pada hari Kamis, 14 Januari 2021, Deva Rachman juga menulis di twitter dengan kalimat:

“Selamat jalan, sayangku Syaikhuna Ali Jaber…Sampai bertemu di jannah insya Allah..aaamiin. Ahlul jannah, ahlul quran…” cuitnya.

BACA JUGA: Syekh Ali Jaber Disebut Punya Istri Tiga. Ustadz Iskandar Beri Klarifikasi

Deva Rachman 

Deva Rachman dinikahi Syekh Ali Jaber pada tahun 2017. Syekh Ali Jaber menikahi Deva Rachman saat masih beristri Ummu Fahad.

Sehingga ada yang menyebut Deva Rachman merupakan istri kedua Syekh Ali Jaber. Sebagian menyebut Deva sebagai istri ketiga Syekh Ali Jaber.

Maklum. Menurut pengakuan asisten Syekh Ali Jaber, Ustadz Iskandar, pertama kali Syekh Ali Jaber bersama Umi Nadia. Perempuan asal Lombok, NTB ini menikah dengan Syekh Ali Jaber pada tahun 2008, tapi berpisah pada tahun 2012.

Hasil perkawinan dengan Umi Nadia memiliki keturunan bernama Al Hasan.

Setelah berpisah dengan Umi Nadia. Setahun berikutnya, Syekh Ali Jaber menikah lagi dengan mempersunting wanita asal Yaman bernama Ummu Fahad.

Dari perkawinan dengan Ummu Fahad, Syekh Ali Jaber dikaruniai dua orang anak, Fahad Ali Jaber dan Ghaits Ali Jaber. Saat ini Ummu Fahad juga tengah hamil 4 bulan.

Sementara, perkawinan dengan Deva Rachman, tidak dikaruniai keturunan.

BACA JUGA: Ketika Deva Rachman Curahkan Cinta dan Rindu Untuk Kekasih Syekh Ali Jaber

Lebih dari tiga tahun menikah, Deva Rachman belum dikaruniai anak.

“Beliau belum dikaruniai anak dan Syekh Ali sangat mengharapkan untuk bisa memiliki keturunan dari Ibu Deva Rachman. Kadarullah takdirnya Syekh Ali wafat,” terang asisten Syekh Ali Jaber, Ustadz Iskandar seperti dikutip detik.com.

Membantu Dakwah Syekh Ali Jaber

Sosok Deva Rachman tergolong istimewa bagi Syekh Ali Jaber.

Ustadz Iskandar menggambarkan Deva Rachman sosok Khadijah-nya Syekh Ali Jaber.

Katanya, Deva Rachman banyak membantu perjuangan dakwah Syekh Ali Jaber selama di Indonesia.

Peran Deva ikut menyokong kelancaran dakwah Syekh Ali Jaber.

“Masyaallah banyak membantu perjuangan dakwah Syekh Ali di Indonesia ini alhamdulillah. Wanita ini (Deva Rachman,red) disebut almarhum memiliki andil besar dalam perjalanan dakwahnya di Indonesia,” terang Ustadz Iskandar.

Deva Rachman dijuluki sebagai Khadijah-nya Syekh Ali Jaber karena dia berperan seperti istri Rasulullah, Khadijah, yang senantiasa membantu perjuangan dakwah Syekh Ali Jaber. (redaksi)

KPU Bangkalan