Pendidikan

Guru Wajib Tahu, Ini Pesan Bupati Busyro di Apel Akbar HGN 2019

×

Guru Wajib Tahu, Ini Pesan Bupati Busyro di Apel Akbar HGN 2019

Sebarkan artikel ini
Hari Guru Nasional (HGN) 2019
Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim saat menjadi Pembina di Apel Akbar Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2019, Senin (02/12/2019). (Foto Rusydiyono/Mata Madura)

matamaduranews.com-SUMENEP-Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, KH A. Busyro Karim yang menjadi Pembina pada Apel Akbar Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2019 di areal timur Taman Potre Koneng menegaskan sejumlah pesan penting bagi para pendidik.

Menurutnya, profesi guru sangat mulia, tetapi juga sulit. Sebab, seorang guru sejatinya tidak hanya sekadar mengajarkan ilmu pengetahuan. Melainkan harus mampu mencetak pembentukan karakter siswa yang memiliki jiwa nasionalis, religius, gotong royong, integritas dan mandiri.

“Guru harus mencetak siswa yang memiliki kecintaan terhadap negerinya, perilakunya berlandaskan nilai agama, menjunjung tinggi moralitas serta menyiapkan siswa menjadi diri sendiri sesuai bakat dan kemampuannya,” kata Bupati Busyro, Senin (02/12/2019) pagi.

Seorang guru tugasnya bukan sebatas mengajar dan mendidik. Memotivasi, menggerakkan dan menjadi teladan bagi anak didiknya adalah bagian penting dari tugas seorang guru. Jangan sampai adagium guru kencing berdiri, murid kencing berlari masih ada faktanya di dunia pendidikan saat ini.

“Salah satu tantangan besar eksistensi guru saat ini adalah bagaimana meningkatkan kualitas menjadi kekuatan utama dalam dunia pendidikan,” tegas Bupati Busyro.

Namun begitu, Pemerintah Kabupaten Sumenep terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai inovasi pendidikan, akses pendidikan, pemenuhan sarana dan prasarana serta kesejahteraan para pendidik.

Hanya saja, Bupati Busyro juga meminta para guru harus tetap optimis, ikhlas dan tulus mengabdi di tengah berbagai kekurangan yang ada dalam dunia pendidikan di Sumenep.

“Mudah-mudahan setiap kekurangan menjadi introspeksi bersama guna menatap masa depan pendidikan yang lebih cerah,” harapnya.

Rafiqi, Mata Madura

KPU Bangkalan