Ketua Banggar DPR RI Ajak Warga Sumenep Gotong Royong Bangun Desa

×

Ketua Banggar DPR RI Ajak Warga Sumenep Gotong Royong Bangun Desa

Sebarkan artikel ini
MH Said Abdullah
Ketua Banggar DPR RI, MH Said Abdullah menyerahkan bantuan stimulan pada kelompok warga saat Reses, Selasa (13/10/2020). (Foto IST/Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Ketua Banggar DPR RI, MH Said Abdullah mengajak warga Sumenep, Madura, Jawa Timur menghidupkan semangat gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ajakan ini disampaikan Said dalam Reses di Desa Gelugur, Kecamatan Batuan dan Desa Gadding, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Selasa (13/10/2020).

“Dulu, ketika ada yang bangun rumah, pasti banyak yang datang untuk membantu. Hidupkan semangat dan prinsip ini lagi. Saat ini, ayo gotong royong bangun desa,” ujar anggota DPR empat periode itu.

Said menegaskan, partisipasi publik dalam pembangunan daerah, termasuk desa, merupakan pilar yang sangat penting. Sehingga, pemerintah pusat dan daerah jangan sampai menghilangkan partisipasi publik (warga) dalam membangun desa.

“Semangat gotong royong jangan sampai terkikis. Adanya dana dari pusat maupun daerah jangan mengurangi sedikit pun semangat berbagi pikiran, tenaga, maupun dana untuk bersama-sama memajukan desa,” pesan politisi PDI Perjuangan itu.

Dalam kesempatan reses kali ini, Said yang ditemani para habaib juga menyampaikan tugas dan fungsinya sebagai anggota DPR RI. Di antaranya yaitu membawa aspirasi masyarakat ke Gedung Senayan.

“Mari sampaikan kepada saya apa pun yang menjadi persoalan atau keinginan masyarakat. Kalau bisa ditangani oleh saya, akan langsung diselesaikan. Tapi hal yang tidak bisa saya tangani langsung, akan saya bawa ke Gedung Genayan,” ajaknya.

Salah satu warga Desa Gelugur yang berkesempatan menyampaikan aspirasinya kepada Said mengungkapkan, akhir-akhir ini masyarakat kesulitan mendapatkan pupuk untuk lahan pertanian mereka.

Walaupun ada, itu pun hanya cukup untuk warga yang tergabung dalam kelompok tani.

Warga juga mengeluhkan harga tembakau yang tahun ini tidak cukup menggembirakan. Mereka berharap tidak ada permainan di tingkat calo dan tengkulak agar harga tembakau bisa sesuai harapan.

Sementara ibu-ibu PKK yang hadir berharap bisa mendapatkan bantuan berupa alat jahit dan peralatan memasak. Alasannya, selama ini setiap ada acara mereka harus menggunakan jasa katering dari luar.

Lain halnya dengan harapan para pemuda. Mereka mengaku senang balap motor dan perbengkelan. Hanya saja sejauh ini tidak punya fasilitas yang memadai.

Karena itu, mereka berharap mendapatkan bantuan alat-alat perbengkelan.

Di Desa Gadding, warga setempat mengeluhkan kondisi jalan poros desa setempat yang belum cukup baik. Mereka juga berharap bantuan untuk perbaikan gedung Polindes, mushalla dan masjid.

Di akhir reses, Said menyerahkan bantuan stimulan berupa uang tunai sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kepada kelompok warga di Desa Gelugur dan Desa Gadding.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan