Ketua PWNU Jatim: Indonesia Jangan Meniru Suriah

×

Ketua PWNU Jatim: Indonesia Jangan Meniru Suriah

Sebarkan artikel ini
Ketua PWNU Jatim: Indonesia Jangan Meniru Suriah
KH Marzuqi Mustamar, Ketua Umum Tanfidziyah PWNU Jatim (matasurabaya)

matamaduranews.comSURABAYA-Ketua PWNU Jatim, KH Marzuqi Mustamar berharap Indonesia jangan meniru Suriah.

Menurutnya, saat ini puluhan ribu orang Suriah tidak bisa baca Al-Qur’an karena tidak ada tempat, guru dan waktu untuk belajar baca Al-Qur’an. Semuanya sibuk berperang. Kunci utama agar Indonesia tetap aman dan utuh, agar Indonesia tidak seperti Suriah adalah dengan tetap manut kiai.

“Kalau rakyat indonesia tetap manut kyai, maka Indonesia aman, damai dan tidak mudah diadu domba” ucap Kiai Marzuqi saat menjadi penceramah tunggal di Masjid Laksamana Cheng Ho, Surabaya Sabtu malam (28/12/2019).

Acara itu digelar dalam rangka pengajian bulanan sekaligus memperingati haul Gus Dur.

Kata Kiai Mustamar, rakyat jangan banyak percaya ke media sosial daripada percaya kiai. “Ini bahaya, bisa hancur peradaban bangsa ini, sebab di medsos banyak hoax”, lanjut Kiai Marzuqi.

Kiai Marzuqi minta tolong kepada hadirin untuk bersama-sama menjaga negara dari ancaman perang saudara. Sebab kalau perang saudara ala arab terjadi di Indonesia, maka rakyat akan bodoh dan miskin.

“Lihatlah Yaman, sekarang rakyatnya bodoh dan miskin akibat perang. Kita jangan sampai seperti itu” pungkas Pengasuh Pondok Pesantren Gasek Malang ini.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bakal Calon Walikota Surabaya, Firman Syah Ali yang akrab disapa Cak Firman.

Sesuai pengajian, KH Marzuqi Mustamar bertanya kepada Cak Firman sejauh mana runningnya sebagai Bakal Calon Walikota. “Kami terus lanjut kiai” jawab Cak Firman.

Berikutnya KH Marzuqi Mustamar menyampaikan beberapa arahan dan petunjuk khusus kepada Cak Firman.

Juru Bicara Cak Firman, Ustad Kornel menyampaikan bahwa wajar seorang kiai memberikan arahan kepada santri yang sedang berjuang untuk kebaikan.

“Alhamdulillah kami diberi petunjuk, arahan serta support oleh Kyai, semoga manfaat dan barokah”, pungkas Ustad Kornel.

Hadi, Mata Surabaya

KPU Bangkalan