Berita Utama

Kisah Eril; Putra Gubernur Jabar. Lahir di Amerika Meninggal di Swiss

×

Kisah Eril; Putra Gubernur Jabar. Lahir di Amerika Meninggal di Swiss

Sebarkan artikel ini
Kisah Eril; Putra Gubernur Jabar. Lahir di Amerika Meninggal di Swiss
(Eril ditemukan, beberapa syarat harus ditempuh untuk proses memulangkan jenazah dari luar negeri)

matamaduranews.com-Kisah Eril-nama lengkap Emmeril Kahn Mumtadz-putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang meninggal setelah berenang di sungai Aare, Bern, Swiss. Seperti sinetron.  Bersambung. Lebih sepekan.

Sejumlah media melansir pemberitaan itu dengan aneka informasi dan suguhan sudut pandang macam-macam.

Menarik Dahlan Iskan menulis di situs disway sosok Eril. Abah Dahlan menyebut Eril lahir di Amerika meninggal di Swiss, Eropa.

Berikut kisahnya:

Arus Eril

Oleh: Dahlan Iskan
Sabtu 11-06-2022

KALAU di sungai Indonesia, orang tenggelam seperti putra sulung Ridwan Kamil itu akan mengapung dalam 3 hari. Maju sehari atau mundur sehari.

Sedang jenazah Emmeril Kahn Mumtadz baru mengapung setelah 13 hari. Eril, begitu nama panggilannya, memang tenggelam di Swiss. Di negara dingin. Di sungai yang Anda sudah tahu: Aare.

Suhu di dalam sungai itu, untuk musim seperti ini bisa 5 derajat Celsius. Bandingkan dengan suhu umumnya sungai di Indonesia: 29 derajat.

Perbedaan suhu itu memengaruhi lamanya proses pembusukan mayat. Semakin banyak udara mengisi bagian dalam mayat semakin membuat mayat cepat mengapung.

Sampai saat ini belum jelas benar bagaimana Eril bisa tenggelam. Ia pemuda yang sehari-hari suka berenang. Menurut penuturan orang dekat keluarga itu renanglah olahraga yang paling sering dilakukan Eril –di samping sepak bola.

“Waktu kecil mah sukanya petak umpet,” ujar Kang Hendar yang mengasuh Eril sejak kecil.

Eril suka renang di Gegerkalong. Yakni di kolam renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) –yang kalau di Bandung sering dipelesetkan sebagai singkatan dari universitas padahal IKIP.

Maka wajar kalau setibanya di Bern, Eril ingin segera berenang. Di ibu kota Swiss itu kolam renang paling besar adalah di sungai Aare.

Di pagi hari udara Bern sekitar 15 derajat Celsius. Tidak terlalu dingin untuk ukuran orang Bandung. Tapi di dalam sungai Aare bisa jadi masih sangat dingin –bisa sekitar 5 derajat.

Tubuh kita bisa dengan cepat mengalami hypothermia. Pada suhu air 5 derajat, kalau menyelam harus sudah memakai pakaian khusus, dry suite. Yang bisa memberikan thermal insulation bagi tubuh kita dari air sekeliling kita yang dingin.

Kota Bern –duh, indahnya– memang di ketinggian sekitar 550 meter. Kota ini praktis di lereng gunung yang hampir selalu bersalju. Air lelehan salju itulah yang mengalir ke Aare. Yakni sungai yang panjangnya lebih 200 Km –untuk kemudian bermuara di sungai Rhein, menuju laut di utara Jerman.

Sebagai mahasiswa teknik mesin IT, hampir lulus, mestinya Eril tahu logika-logika itu.

Memang sungai ini, mestinya, tidak punya arus yang kuat. Ia tahu itu. Air sungai Aare ditahan oleh dam. Tidak terlalu jauh dari lokasi Eril berenang ada dam terkenal: Marzili Freibad. Itu bendungan tua. Dibangun tahun 1930-an.

Banyak bendungan seperti itu di sepanjang sungai Aare. Yakni untuk mengendalikan banjir. Mengurangi erosi. Menghasilkan listrik.

Next: Arus deras air sungai Aare

KPU Bangkalan