Catatan

Koran Akan Mati

×

Koran Akan Mati

Sebarkan artikel ini
Koran Republika
Edisi Terakhir Koran Republika (ilustrasi)

Prinsip jurnalisme mengenai keberimbangan (covering both sides) atau keadilan, dibingkai sebagai bagian dari kewajiban muslim untuk berbuat adil kepada siapa pun dalam kondisi apa pun. Bahkan terhadap orang non-muslim pun tetap harus bersikap adil.

Wartawan muslim juga sering menggambarkan proses ‘’isnad’’, atau memeriksa “rantai penyebaran” ucapan dan perbuatan Nabi Muhammad, mirip dengan prinsip jurnalisme verifikasi.

Para jurnalis muslim mendefinisikan jurnalisme islami selaras dengan karakter-karakter sesuai ajaran Islam dengan misi ‘’amar ma’ruf nahi munkar’’ atau mengajak kebaikan dan mencegah hal-hal buruk.

Di kalangan jurnalis muslim Indonesia dan Malaysia, peran pers sebagai pengawas watch dog diposisikan bukan dalam bingkai liberalisme dan humanisme, tapi lebih pada eksistensi manusia yang diciptakan oleh Tuhan untuk beribadah.

Dalam konsep Barat kebebasan pers adalah bagian dari kebebasan individual, untuk memenuhi haknya guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan sebagai bagian dari pemenuhan hak-hak asasi manusia. Dalam konsep Islam, pemenuhan hak-hak informasi bukan sekadar untuk memenuhi hak asasi, tetapi bagian untuk memenuhi tugas ibadahnya sebagai hamba Tuhan.

KPU Bangkalan
Tanah Kas Desa
Hankam

matamaduranews.com-WINANTO bertanya lokasi TKD ber-Letter C yang ramai…