Pantau Perkembangan Covid-19 di Batang-Batang, Bupati Busyro Berikan Bantuan

×

Pantau Perkembangan Covid-19 di Batang-Batang, Bupati Busyro Berikan Bantuan

Sebarkan artikel ini
Covid-19
Kolase foto Bupati Busyro memberi pengarahan di depan masyarakat Batang-Batang (atas), pemberian bantuan 50 paket sembako pada masyarakat miskin (bawah kiri), dan Bupati Busyro saat meninjau langsung ruang perawatan di Puskesmas Batang-Batang. (Foto Yudie/Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Guna mempertahankan wilayahnya di posisi Zona Hijau, Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim berupaya keras melakukan pencegahan. Salah satunya dengan memantau Posko Siaga Covid-19 yang sudah terbentuk sejak dini di tiap kecamatan.

Rabu siang (15/04/2020) kemarin, Bupati Busyro bersama rombongan Forkopimda Sumenep mengunjungi Kecamatan Batang-Batang. Hasilnya, berdasarkan pendataan dari dua Puskesmas, di sana diketahui memiliki sebanyak 471 ODR.

Total data ODR di Puskesmas Batang-Batang berjumlah 227 ODR, sementara di Puskesmas Legung berjumlah 244 ODR. Untuk jumlah ODP, saat ini tersisa 4 orang dari 5 ODP yang sebelumnya tercatat di Batang-Batang.

Di sana, Bupati Busyro menyampaikan bahwa kekuatan kesadaran masyarakat desa sangat penting untuk pencegahan penyebaran virus Corona. Namun, pihaknya meminta hal itu didukung dengan pembangunan posko-posko siaga pada tiap desa, dusun, bahkan tingkat RT.

“Adanya posko siaga diharapkan berfungsi dengan maksimal untuk memantau orang yang baru datang dari luar daerah, terutama dari daerah Zona Merah,” jelas Bupati.

Baca Juga: Bupati Sumenep Minta Kades Dirikan Posko Covid-19

Selain itu, suami Nurfitriana tersebut juga meminta Posko Siaga Covid-19 harus sigap dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona. Jika ada keluhan dari masyarakat yang ditemukan gejala sakit, harus segera dilaporkan ke Puskesmas.

“Yang tak kalah penting yaitu pendataan yang akurat, karena itu sangat dibutuhkan sebagai dasar perkembangan Covid-19,” jelas Bupati Busyro.

Setelah memberikan pengarahan, agenda dilanjutkan dengan pemberian bantuan 50 paket sembako ke sejumlah masyarakat yang tergolong ekonomi lemah di Kecamatan Batang-Batang. Hal itu dilakukan Pemkab Sumenep sebagai bentuk kepedulian akibat dampak virus Corona.

Berikutnya, Bupati Busyro mengunjungi Puskesmas Batang-Batang meninjau ruang perawatan khusus ODR dan ODP. Namun, saat itu tidak ada pasien yang dirawat akibat viru Corona. Yang ada hanya pasien umum karena 4 ODP yang disebutkan sebelumnya kini melakukan isolasi mandiri.

Yudie, Mata Madura

KPU Bangkalan