Polda Jatim Kerahkan Pasukan di Zona Merah Bangkalan

×

Polda Jatim Kerahkan Pasukan di Zona Merah Bangkalan

Sebarkan artikel ini
Bangkalan Zona Merah
Polda Jatim kerahkan pasukan di Zona Merah Bangkalan guna cegah penyebaran Covid-19. (Foto for Mata Madura)

matamaduranews.comBANGKALAN-Polda Jawa Timur kerahkan pasukan dari berbagai Satuan Kerja ( Satker) guna meningkatkan kewaspadaan masyarakat terkait penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, khususnya di 4 kecamatan katagori zona merah.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, Polda Jatim telah melakukan berbagai kegiatan di 4 kecamatan zona merah Kabupaten Bangkalan, yakni Kecamatan Bangkalan, Arosbaya, Klampis, dan Geger.

Seperti yang dilakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polda Jatim, mereka telah memelaksanakan patroli dan Public Address, dengan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, guna memutus penyebaran Covid-19 di Kecamatan Arosbaya.

“Srikandi Lalulintas melaksanakan kegiatan preemtif dan preventif di bidang lalulintas, sekaligus membagikan sembako, masker dan handsanitizer di Kecamatan Arosbaya,” ujar Kombes Gatot, Rabu (9/06/2021).

“Anggota Brimob juga melaksanakan patroli di 4 kecamatan zona merah, mengoptimalkan fungsi PPKM Mikro, serta menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif,” tambahnya.

Sementara satuan Binmas Polda Jatim melakukan pembagian 194 paket beras sembako kepada warga kurang mampu, dan menyampaikan imbauan penerapan prokes dengan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas).

“Kegiatan ini terus kita lakukan sebagai upaya pencegahan Covid-19 di Bangkalan, khususnya di 4 kecamatan zona merah,” tegas Kombes Pol Gatot Repli Handoko.

Pembuatan flyer yang disebarkan di media sosial terkait klaster Covid-19 di Bangkalan dan pembuatan statement para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Takmir Masjid, serta flyer cipta kondisi telah di-blasting oleh jajaran, dukungan Bidang Humas Jatim.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta menambahkan, kondisi kasus Covid-19 di Bangkalan hingga Selasa, tanggal 8 Juni 2021. Jumlah total kasus aktif Covid-19 di Bangkalan kemarin sebanyak 190 orang.

“Kenaikan dari hari sebelumnya sebanyak 75 kasus, dan kesembuhan 1 kasus, sedangkan meninggal dunia ada 4 kasus,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (9/06/2021) pagi.

Polda Jatim Kerahkan Pasukan di Zona Merah Bangkalan

Saat ini Bed Occupancy Rate (BOR) Isolasi RSU Bangkalan mencapai 84% dan BOR ICU RSU Bangkalan mencapai 50%.

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Bangkalan terus dilakukan dengan pelaksanaan Testing dan Vaksinasi, yang dilaksanakan oleh 5 tim dengan masing-masing Tim terdiri dari 15 orang.

Dalam pelaksanaan testing ini masyarakat juga diberikan bantuan berupa beras 900 kg, dan Mie Instan 100 Dus untuk mendorong masyarakat agar bersedia dilakukan Tes Swab maupun Vaksinasi.

Testing dan Vaksinasi dilaksanakan di 2 kecamatan dari 4 kecamatan yang jadi pusat konsentrasi yaitu Arosbaya dan Klampis.

Di kecamatan Arosbaya, jumlah masyarakat yang melakukan swab antigen sebanyak 114 orang, hasilnya ada 17 orang reaktif dan 97 orang non reaktif. Mereka juga diberikan bantuan sembako sebanyak 80 paket dan mie Instan sebanyak 50 dus.

Untuk Kecamatan Klampis, masyarakat yang melakukan swab antigen sebanyak 30 orang, dengan hasil 5 reaktif dan 25 non reaktif. Untuk bantuan sembako ada 100 paket dan mie instan sebanyak 50 dus.

Adapun imbauan untuk melaksanakan Swab dan Vaksinasi di kecamatan prioritas Kabupaten Bangkalan yang dilaksanakan Dit Intelkam Polda Jatim, Dit Binmas bersama Sat Intelkam Polres Bangkalan dilakukan pemasangan di 25 titik di 3 kecamatan, yakni Bangkalan Kota, Arosbaya dan Klampis.

Selain itu, kegiatan cipta kondisi kepada Takmir Masjid, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat di 3 kecamatan prioritas serta memberikan imbauan penyebaran Covid-19 di Bangkalan. Pun imbauan 5M dan imbauan untuk ikut swab antigen juga digalakkan.

Imbauan keliling menggunakan kendaraan dilalukan secara langsung oleh Bupati, Kapolres dan Dandim Bangkalan kepada masyarakat supaya mematuhi Protokol Kesehatan juga telah dilakukan.

Tim Covid Hunter Polres Bangkalan melaksanakan kegiatan pemindahan 36 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang melaksanakan Isolasi Mandiri ke Balai Diklat Bangkalan, tempat isolasi yang ditentukan.

“Penyemprotan disinfektan oleh Ditsamapta Polda Jatim di kecamatan prioritas juga dilakukan menggunakan kendaraan Gunner sebanyak 6.000 Liter oleh PMI Provinsi Jatim, dengan route halan sekeliling wilayah Kecamatan Arosbaya dan Kecamatan Klampis,” papar Irjen Pol Nico Afinta.

Lebih lanjut Kapolda Jatim menyampaikan hasil sementara kegiatan penyekatan di 3 titik perbatasan Bangkalan, yaitu titik penyekatan pos Jembatan Suramadu dari arah Surabaya menuju Bangkalan telah dilakukan swab antigen dalam rangka penanggulangan Covid-19 di Bangkalan.

“Langkah-langkah tersebut dilaksanakan bersama Forkopimda Provinsi dengan Kabupaten,” pungkas Kapolda Nico. (*)

KPU Bangkalan