Politik

Popularitas Bupati Sumenep Fauzi Meroket di Pilgub Jatim 2024

×

Popularitas Bupati Sumenep Fauzi Meroket di Pilgub Jatim 2024

Sebarkan artikel ini
Pilgub Jatim
Eri Cahyadi dan Achmad Fauzi

matamaduranews.com-Popularitas Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengalami lompatan luar biasa dalam itungan bulan untuk kontestasi Pilgub Jatim 2024.

Itu terlihat dari hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) pada bulan Februari 2023 yang mencatat popularitas Bupati Fauzi mencapai 8,6 persen responden. Angka itu mengalami lompatan sangat signifikan dibanding hasil survei September 2022 sebesar 2,1 persen.

Direktur ARCI Baihaki Siradj menyebut, Bupati Fauzi masuk dalam jajaran pemimpin muda di Jawa Timur yang mendapat respons positif masyarakat jelang Pilgub Jatim 2023.

“Respons ini pun menjadikan Fauzi sebagai satu-satunya bupati yang masuk ke jajaran tiga besar calon potensial Pilkada Jatim. Potensi Fauzi dalam Pilgub Jatim dilihat dari keberhasilannya menjadi Bupati Sumenep,” sebut Baihaki dalam rilisnya kemarin, Sabtu 25 Februari 2023.

Bupati Fauzi disebut Baihaki bisa menekan angka kemiskinan dan membawa masyarakat Sumenep lebih sejahtera. Dan responsif dalam menyelesaikan masalah warganya.

Bupati Fauzi masuk pada tiga pemimpin muda di Jatim mendapat respons positif dari masyarakat untuk dipilih menjadi Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dalam Pilgub Jatim 2024.

Lanjut Baihaki, ketika ditanyakan mengenai sosok Cagub dan Cawagub yang dipilih, nama Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dipilih oleh 21,6 persen responden. Pada posisi kedua, ada nama Walikota Surabaya Eri Cahyadi dipilih 8,9 responden.

Sedangkan Bupati Sumenep Achmad Fauzi ada di posisi ketiga, menempel ketat Eri Cahyadi dengan dipilih 8,6 persen responden.

“Jadi, ketika responden disodori pertanyaan tentang nama-nama cagub dan cawagub ada nama Emil Dardak, Eri Cahyadi dan Fauzi. Mereka sangat diminati, karena bisa menarik masyarakat dan populer,” katanya.

Disebut Baihaki, Eri Cahyadi mewarisi gaya walikota Surabaya sebelumnya, yang tegas dan cenderung agak keras, dalam memimpin Surabaya. Mirip dengan Tri Rismaharini, yang disukai masyarakat perkotaan.

Sementara, Bupati Fauzi cenderung populer karena dikenal sebagai sosok pemimpin yang kalem dan santun. Sesuai dengan adat ketimuran, sehingga disukai masyarakat di pedesaan. “Kalau gaya kepemimpinan Fauzi lebih cool,” tambahnya.

Meski demikian, keduanya dianggap mampu memimpin wilayahnya masing-masing.

“Eri berhasil membawa Surabaya lebih maju dan Fauzi bisa menekan angka kemiskinan dan membawa masyarakat Sumenep lebih sejahtera. Kalau Fauzi memang kinerjanya cukup cemerlang, bisa memecahkan problematika dan memajukan Sumenep,” kata Baihaki menambahkan.

Seperti diketahui, Survei ARCI dilakukan pada 9 Februari 2023-17 Februari 2023. Jumlah sampel yang dipilih mencapai 1200 orang, dengan menggunakan metode multistage random samping. Dalam survei itu, margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%. (*)

KPU Bangkalan