Pemerintahan

Realisasi Hasil Musrenbang Tahun 2019, Kecamatan Guluk-Guluk Dapat Kucuran APBD Rp 11 Miliar

×

Realisasi Hasil Musrenbang Tahun 2019, Kecamatan Guluk-Guluk Dapat Kucuran APBD Rp 11 Miliar

Sebarkan artikel ini
Kecamatan Guluk-Guluk Dapat Kucuran APBD Rp 11 Miliar
Ketua Tim Musrenbangkab Sumenep, Deddy Satria Pinandita, ST, MT, (dua dari kiri) saat menghadiri Musrenbangcam Guluk-Guluk Tahun 2020 untuk Kegiatan Program Tahun Anggaran 2021, Rabu (12/02/2020) lalu. (Foto Yudie S/Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Selain membahas teknis aturan pengusulan pada Musrenbangcam Guluk-Guluk Tahun 2020 untuk Kegiatan Program Tahun Anggaran 2021, Ketua Tim Musrenbangkab Sumenep, Deddy Satria Pinandita juga menyampaikan hasil realisasi Musrenbang di tahun 2019 untuk Kecamatan Guluk-Guluk.

Deddy yang merupakan Kabid Perencanaan Pembangunan Fisik Bappeda Sumenep menjelaskan, hasil realisasi yang sudah diakomodir dari usulan Musrenbangdes melalui Musrenbangcam Guluk-Guluk tahun lalu mendapat kucuran anggaran dari APBD Sumenep sebesar Rp 11 Miliar (11.221.000.000) di tahun 2020.

“Besaran jumlah anggaran tersebut akan dialokasikan pada dua bidang pembangunan, yaitu Infrastruktur dan Non Infrastruktur,” ungkap Deddy saat menghadiri Musrenbangcam Guluk-Guluk, Rabu (12/02/2020) pagi.

Untuk bidang Infrastruktur, lanjut Deddy, meliputi peningkatan jalan desa, konstruksi jaringan air, pembangunan plengsengan, penguatan tebing jalan, pembangunan trotoar daerah kecamatan, dan rehabilitasi daerah irigasi.

Sedangkan untuk bidang Non Infrastruktur meliputi paket budi daya Lele (dari Dinas Perikanan), pembangunan rumah pompa (dari Dispertahortbun), dan bantuan rehab masjid.

“Nilai nominal dari masing-masing alokasi pembangunan di atas ada pada data masing-masing OPD terkait,” jelas Deddy.

Baca Juga: Musrenbangcam Guluk-Guluk Digelar, Ini Harapan Camat Syamsuri

Pada Musrenbangcam Guluk-Guluk Tahun 2020 untuk Kegiatan Program Tahun Anggaran 2021, pihaknya berjanji akan berupaya semaksimal mungkin mengakomodir semua usulan demi perkembangan pembangunan di desa.

“Namun dengan catatan usulan yang diajukan diseleksi hanya pada kebutuhan yang sangat diprioritaskan saja, mengingat keterbatasan anggaran,” tegas Deddy.

Hal yang sama disampaikan Camat Guluk-Guluk, Syamsuri. Ia berharap pihak desa memaklumi apabila ada usulan yang belum bisa terealisasi saat ini, mengingat adanya keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Sumenep.

“Jadi harap maklum, dan semoga bisa diajukan dan diterima tahun berikutnya lagi,” ucap Camat Syamsuri.

Hadir dalam Musrenbangcam tersebut, jajaran Forpimka Guluk-Guluk, Tim Gabungan OPD meliputi Dinas Perhubungan, Dinas PU Bina Marga, Disperindag, Dinas PU SDA, DPRKP dan Cipta Karya, Dinas Pendidikan, serta delegasi dari 12 desa se-Kecamatan Guluk-Guluk.

Setelah pemaparan Camat Guluk-Guluk dan Ketua Tim Musrenbangkab Sumenep, selanjutnya dilaksanakan pengajuan secara tatap muka oleh masing-masung desa terhadap OPD yang hadir.

Yudie S, Mata Madura

KPU Bangkalan