Syafii Pulang; Para Kolega Terasa Rindu

×

Syafii Pulang; Para Kolega Terasa Rindu

Sebarkan artikel ini
Syafii Pulang; Para Kolega Terasa Rindu
Achmad Syafii, mantan Bupati Pamekasan dua periode saat berfoto selfie dengan Johar Maknun, Kabiro Mata Pamekasan. (matamadura.joharmaknun)

matamaduranews.comPAMEKASAN-Kharisma Syafii sebagai mantan Bupati Pamekasan masih memiliki magnitude yang kuat.

Hal itu terlihat dan terasa saat Mata Pamekasan ikut menyambangi di kediamannya Jl. Lawangan Daya, Pademawu, Pamekasan, Selasa siang (31/3/2020).

Dengan penampilan sederhana, berkopyah putih, Syafii menyapa setiap tamu yang baru datang dengan ramah.

Ketika Mata Pamekasan memasuki gerbang halaman, langsung disambut Halili, adik kandung Achmad Syafii. Di luar pagar rumah, berjejer mobil dan sepeda motor tamu yang parkir. Tak terhitung berapa jumlah kendaraan yang terparkir rapi.

Syafii Pulang; Para Kolega Terasa Rindu

Di hamparan halaman rumah Syafii itu, terlihat para koleganya dari lintas parpol Pamekasan yang sejak lama akrab.  Mereka para politisi yang masih eksis mewarnai percaturan perpolitikan di Pamekasan.

Tak lupat juga ada aktivis LSM, wartawan, para pejabat eselon di lingkungan Pemkab Pamekasan dan sejumlah tokoh masyarakat dari wilayah Pantura ikut bergabung di hari kedua Syafii sepulang dari Porong, Sidoarjo.

Para tamu itu terlihat seakan ingin membagi rindu setelah sekian lama ‘ditinggal’ pergi oleh Achmad Syafii. Senyum dan tawa saling membagi merespon pembicaraan dua arah itu.

Halili yang juga Ketua DPC PPP Pamekasan menyambut hangat kedatangan Mata Pamekasan. Berpelukan dan berbincang sesaat, lalu bisa melepas rindu dengan Achmad Syafii.

“Alhamdulillah, bisa apangghi pole (ketemu lagi, red.),” bisikku ketika menjulurkan tangan pertama ke Achmad Syafii.

Gesture Achmad Syafii tak berubah. Senyum sungging sebagai ciri khasnya masih melekat. Dan Syafii seperti memilih banyak mendengar cerita dari koleganya yang datang. Sesekali hanya mangguk-mangguk dan tertawa riang bersama.

Suasana halaman rumah Achmad Syafii seperti orang baru datang bepergiaan jauh. Ada dua buah terop terpasang. Berjejer ratusan kursi untuk si tamu.

Setelah beberapa menit pertemuan berlalu, Mata Pamekasan mengajak berfoto selfie dengan Achmad Syafii. Usai itu, terdengar pertanyaan nada guyon dari tokoh masyarakat Pantura untuk Achmad Syafii.

“Di Pilkada Pamekasan akan datang, siapa yang akan melanjutkan pengganti Pak Syafii?,” ucapnya.

Menanggapi pertanyaan itu, Syafii hanya membalas dengan senyum sungging khasnya.

Johar Maknun, Mata Pamekasan

KPU Bangkalan