Gaya Hidup

Bijak Menggunakan Internet Bersama Madura Pride dan Kominfo RI: Kesopanan Perlu Dijaga

Bijak Berinternet
Talkshow Bijak Berinternet bersama Madura Pride dan Kominfo di Hall Adi Poday, Kota Sumenep

matamaduranews.comRibuan anak-anak muda Madura berjejer di depan Hall Adi Poday, Kota Sumenep, Rabu siang, 19 Juli 2023. Mereka lagi antri absensi untuk mengikuti talkshow cakap digital yang digelar Kominfo RI bersama Madura Pride yang berjudul Bijak Menggunakan Internet.

Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kominfo RI) lagi gencar melakukan sosialisasi cakap digital di Bumi Madura. Kominfo menggandeng Kaukus Muda Indonesia (KMI)-sebuah NGO yang konsern melakukan pemberdayaan civil society.

Ada puluhan titik di empat kabupaten Pulau Madura disinggahi Kominfo RI bersama KMI. Berbagai komunitas dan elemen diajari cara menjaga keamanan  data pribadi saat berinternet. Agar terhindar dari risiko dan ancaman di dunia internet. Seperti penipuan online, peretasan akun, dan pencurian identitas.

Selain pengetahuan keamanan. Kominfo dan KMI juga mensosialisasikan etika berinternet. Seperti, bagaimana cara memanfaatkan berbagai platform media sosial dan platform digital lainnya secara bijak dan positif. Sehingga kehadiran dunia internet bermanfaat sesuai kebutuhan.

Talkshow Cakap Digital Kominfo RI bersama Madura Pride Rabu siang itu terlihat beda. Kaum milenial dari empat kabupaten Madura tampak antusias mendengar pemaparan dari para narasumber. Terlebih gaya pemandu talkshow yang tampil atraktif membuat acara talkshow menjadi kian hidup.

Narasumber berkompeten mengisi materi. Seperti Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo,
Samuel Abrijani Pangarapan menyampaikan tips-tips cakap digital secara daring. Kemudian diisi oleh narasumber Annisa Shafarina Qosasi.

Bijak Berinternet
Ribuan anak-anak muda Madura antusias mengikuti talkshow Bijak Menggunakan Internet yang digelar Kominfo RI bersama Madura Pride di Hall Adi Poday, Kota Sumenep, Rabu siang.

Annisa-meski berusia muda. Cakrawala berpikirnya bikin anak-anak muda Madura terpukau. Dia mengawali materi dengan mengutip hasil sebuah penelitian di Amerika Serikat terkait penggunaan internet di Asia Tenggara.

Menurut Annisa, netizen Indonesia tergolong paling buruk di antara netizen negara lain di Asia Tenggara. Perilaku netizen Indonesia kurang menjaga nilai-nilai kearifan. Tak sopan bermedia sosial. Senang menyebar berita hoax. Ujaran kebencian. Dan predikat negatif lainnya.

Dari 32 negara Asia Tenggara yang disurvei, Indonesia ada di peringkat 29 atau yang terburuk di Asia Tenggara.

“Kesopanan netizen Indonesia diukur dari perilaku di dunia maya. Seperti penyebarluasan berita bohong atau hoax, ujaran kebencian atau hate speech dan tindakan untuk memancing kemarahan orang lain,” terang Sekertaris Yayasan Qudsiyah Uniba Madura ini.

Karena itu, Annisa mengajak anak-anak muda Madura untuk menciptakan dunia internet (media sosial) penuh etika dan produktif. Seperti ajaran pendulum orang-orang Madura terdahulu.

“Bijak berinternet itu produktif. Artinya menggunakan dunia internet itu membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Sebagaimana petuah orang bijak Madura terdahulu. Lakona lakone. Kennenganna kennengnge,” kata Annisa yang disambut koor aplaus peserta talkshow.

Pemaparan Annisa disambung oleh Andilala, Praktisi Literasi Digital.
Dikatakan, kehadiran internet sebagai bentuk tersingkapnya hijab (tabir) di dunia informasi dan komunikasi. Informasi dan komunikasi di belahan dunia secapat kilat tersambung melalui jaringan internet. Dunia informasi dan komunikasi benar-benar tanpa batas. Kehidupan internet seperti kehidupan nyata yang dialami manusia bumi.

Di balik kebebasan dunia internet. Ada banyak ancaman dan risiko yang mengintai para pengguna internet apabila tak bijak. Karena itu, Andilala memandang urgen literasi digital terus digaungkan.

Bijak Berinternet

“Khusus anak-anak muda Madura. Bangun literasi digital sejak dini. Pahami dan cari pengetahuan menggunakan internet dengan bijak. Bekali diri kita dengan nilai-nilai moral dalam berinternet,” pesan Andilala kepada anak-anak muda Madura yang ikut talkshow.

Ferdiansyah Tetrajaya-salah satu pemateri dalam talkshow itu memaparkan literasi digital yang bijak  untuk mencegah risiko dan ancaman  di dunia digital.

Sebagai Kadiskominfo Sumenep, Ferdiansyah mengajak kepada anak-anak muda Madura di acara itu agar mengerti makna kehidupan era digital.

“Saat ini era digital. Kehidupan manusia di era saat ini dipenuhi dengan jaringan internet. Sehingga banyak kebutuhan manusia diselesaikan melalui teknologi internet (digital). Di balik kemudahan itu, ada ancaman dan risiko yang siap mengintai jika manusia itu tak mengerti menggunakannya,” terang Ferdiansyah.

Karenanya, Ferdiansyah mengajak semua peserta talkshow agar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang teknologi digital agar dapat menggunakannya dengan bijak dan bertanggung jawab.

“Syukur-syukur bisa memanfatkan dunia digital menjadikan hidup kita lebih makmur dan sejahtera. Seperti banyak yang dilakukan para selebrasi digital tanah air,” tutup Ferdiansyah.  (*)

Exit mobile version