Live Update
covid-19 indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal
3 Pasien Corona di Bangkalan Telan Rp 174 Juta - MATA MADURA

Menu

3 Pasien Corona di Bangkalan Telan Rp 174 Juta

3 Pasien Corona di Bangkalan Telan Rp 174 Juta
Nur Hasan, Ketua Komisi D DPRD Bangkalan (matamadura.syaiful)
Link Banner

matamaduranews.com-BANGKALAN-Saat Komisi D DPRD Bangkalan hearing dengan RSUD Bangkalan, terungkap besaran biaya perawatan pasien Corona yang dicairkan Kemenkes melalui verifikasi BPJS Kesehatan.

dr Nunuk saat dimintai keterangan soal verifikasi pasien yang diklaimkan ke Kemenkes itu membenarkan ada 3 pasien yang disetujui pembayarannya.

“Klaim biaya penanganan pasien corona hanya diterima 3 orang. Sesuai dengan ketentuan Kemenkes menunjuk BPJS Kesehatan untuk melakukan verifikasi proses klaim. Kami ajukan 5 pasien, tapi yang disetujui untuk dicairkan untuk 3 pasien,” jelas Direktur RSUD Syamrabu Bangkalan ini.

Sisa 2 pasien itu tetap diajukan ke pusat oleh RSUD Bangkalan. Meski tiga pasien yang dikategorikan layak versi BPJS Kesehatan.

“Dari 5 pasien yang diajukan, hanya 3 pasien corona yang mendapatkan bayaran klaim sebesar Rp 174 Juta,” tutup dr. Nunuk.

Komisi D DPRD Bangkalan, Nur Hasan memprotes klaim perawatan pasien Covid-19 di RSUD Syamrabu Bangkalan yang tak bisa dicairkan BPJS karena pasien berstatus OTG dan penyerta.

Dari 30 Pasien Positif Corona baik yang sembuh dan meninggal saat diklaimkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui verifikasi BPJS, hanya 3 pasien yang disetujui untuk dicairkan.

“Besarannya dari 3 Pasien corona baik sembuh dan meninggal itu mendapatkan biaya perawatan Rp 174 Juta. Itupun masih belum terbayarkan,” cerita politisi PPP ini usai hearing dengan RSUD Bangkalan. Selasa (23/6/2020) sore.

Kata Nur Hasan, pasien yang tidak masuk kriteria dalam Kemenkes itu karena faktor pasien memiliki riwayat penyakit bawaan seperti Jantung dan Paru-paru serta penyakit lainnya.

“Penyakit bawaannya yang terlalu dominan. Jadi tidak masuk kriteria pada coronavirus. Mungkin itu yang menjadi kendala,” sebutnya.

Pasien berstatus OTG juga tidak masuk kriteria orang yang bisa diajukan klaim ke Kemenkes.

“Kasihan RSUD Bangkalan. Jika pasien OTG dihitung kira-kira 1 juta biaya makan dan obatnya per-hari. Kalau tidak dibayarkan oleh Kemenkes kan kasihan. RSUD harus menanggung beban itu. Padahal Bangkalan lumayan banyak pasien OTG yang terpapar coronavirus,” tambahnya.

Hearing RSUD dan Komisi D digelar untuk soal rasionalisasi anggaran sebelum dan pasca refocusing anggaran.

“Sebelum direfocusing anggarannya Rp 148 miliar, setelah di refocusing sisa Rp 116 miliar. Jadi refocusing anggaran corona pada RSUD Bangkalan sebesar Rp Rp 31 miliar. Itu dana dari DAU ataupun BLUD,” jelasnya.

Syaiful, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :
Lowongan

Ra Fuad Amin

Tasawuf

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: