Pemerintahan

Agus, Kadishub Sumenep Melawan Kicauan Subiyakto

×

Agus, Kadishub Sumenep Melawan Kicauan Subiyakto

Sebarkan artikel ini
Agus-Subiyakto
Agustiono dan Subiyakto (pakai songkok)

matamaduranews.com-Kicauan Subiyakto di akun facebook-nya akhirnya resmi dilaporkan oleh Agustiono Sulasno. Agus-begitu dia dipanggil-melapor kicauan Subiyakto dengan tuduhan pencemaran nama baik ke Mapolres Sumenep, Rabu sore, (31/7/2019).

Agus menemui penyidik. Agus diperiksa cukup lama. Lalu keluar laporan itu bernomor LP/113/VII/2019/Jatim/Res SMP, tanggal 31 Juli 2019. ITE Pasal 27 (3) Jo. Pasal 45 (3) UU No 19 Tahun 2016 Perubahan atas No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Laporan Agus hanya tertuju ke Subiyakto sebagai terlapor. Media Mata Madura, katanya, tak dimasukkan dalam laporan. Sebatas saksi. Termasuk, Ainur Rahman yang ngaku loyalis Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim. Karena Ainur tak punya legal standing.

Sikap kesatria Agus melapor pasal pencemaran nama baik ke Polres Sumenep, menarik dikaji. Baru kali ini dalam sejarah birokrasi Sumenep, seorang birokrat murni melapor pasal UU ITE ke seorang kritikus medsos.

Sosok Agus tergolong pemberani. Di tengah gempuran isu miring yang menyerang dirinya, Agus tampil tanpa beban. Agus haqqul yakin, pernyataan Subiyakto penuh fitnah. Agus ingin menepis suara miring tentang pengangkatan dirinya sebagai Kepala Dishub Sumenep. Agus ingin menegaskan kicauan Subiyakto di facebook tak benar alias fitnah.

Agus kepada sejumlah media mengatakan, dirinya terpaksa melaporkan Subiyakto demi menjaga marwah Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim dan Panitia Seleksi (Pansel) PTP (Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama).

“Kalau hanya terkait pribadi saya mas, tak keberatan. Tapi pernyataan Subiyakto sudah mencoreng nama bupati dan anggota Pansel,” ucap Agus kepada Khoirul Anwar, wartawan Mata Madura.

Laporan Agus ke Polres Sumenep menjadi catatan baru di dunia aktivis dan birokrasi di Sumenep. Tentu ini pelajaran berharga dalam menyampaikan aspirasi di media sosial.

Bagaimana respon Subiyakto pasca Laporan Agus? Ikuti laporan berseri….

Hambali Rasidi

KPU Bangkalan