Maraton, Forpimka Rubaru Fasilitasi Pembentukan Panitia Pilkades Serentak 2019

×

Maraton, Forpimka Rubaru Fasilitasi Pembentukan Panitia Pilkades Serentak 2019

Sebarkan artikel ini
Maraton, Forpimka Rubaru Fasilitasi Pembentukan Panitia Pilkades Serentak 2019
Camat Arif Susanto, AP, M.Si. saat memberikan pengarahan pada fasilitasi Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa di salah satu dari 10 desa di Kecamatan Rubaru, Sumenep, Jumat (28/06/2019). (Foto Wardi/Mata Madura)

matamaduranews.com-SUMENEP-Secara maraton selama 4 hari, Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Rubaru melaksanakan fasilitasi Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa di 10 desa di Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Hal tersebut dilakukan karena sesuai deadline, pelaporan hasil Musyawarah Desa Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus selesai pada hari pertama bulan Juli nanti.

Fasilitasi Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa di 10 desa di Kecamatan Rubaru itu dimulai pada Rabu (26/06/2019) lalu dan berakhir pada hari ini, Sabtu (29/06/2019).

Ke-10 desa yang melaksanakan pembentukan Panitia Pilkades tersebut adalah Desa Tambak Sari, Banasare, Pakondang, Duko, Matanair, Mandala, Basoka, Bunbarat, Karangnangka, dan Kalebengan.

Camat Rubaru, Arif Susanto, AP. M.Si. di setiap pembentukan panitia Pilkades tersebut menekankan pentingnya keterlibatan semua unsur masyarakat dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkades.

Penekanan utama ditujukan kepada Panitia yang sudah terbentuk untuk menjaga netralitas dan selalu berpegang teguh pada Perda No. 8 Tahun 2014 dan Perbup No. 27 Tahun 2019.

“Kalau netral kan enak. Enak makan dan enak tidur,” ungkap Camat Arif, Jumat (28/06/2019) kemarin.

Setelah pembentukan panitia yang dilakukan selama 4 hari itu, BPD dari 10 desa diharapkan segera melaporkan Musyawarah Desa Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa kepada Bupati Sumenep melalui Camat Rubaru.

“Paling lambat hari Senin (01/07/2019),” tegas Camat Arif.

Sementara itu, Kapolsek Rubaru yang baru menjabat seminggu, Iptu Joni Wahyudi menyampaikan soal kesiapsiagaan kepolisian dalam pelaksanaan Pilkades nantinya.

Di samping itu, ia juga menekankan pentingnya netralitas Panitia dalam mewujudkan suksesnya pelaksanaan Pilkades.

“Kami berharap pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Rubaru dapat menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang selama sudah terjaga dengan baik,” ujar Kapolsek.

Musyawarah Pembentukan Panitia Pilkades di 10 desa di Kecamatan Rubaru selama 4 hari dihadiri BPD, Perangkat Desa, RT/RW, Tokoh Masyarakat, Ulama serta para pemuda.

Menurut Camat Arif, dalam waktu dekat akan diadakan sosialisasi kepada Panitia Pilkades di tingkat kabupaten maupun tingkat Kecamatan.

“Nanti pada hari Kamis (04/07/2019) panitia, ketua, sekretaris, dan bendahara akan diberi pembekalan olah Pak Bupati di salah satu hotel di Kota Sumenep,” jelasnya.

Sebagai langkah awal, pihak kecamatan akan mengundang Pj. Kepala Desa, Bendahara dan Operator Desa untuk menyelesaikan Perubahan Anggaran terkait adanya Bantuan Keuangan bagi Panitia Pilkades yang akan menjadi bagian dari APBDes di masing-masing desa di Kecamatan Rubaru.

“Besaran Bantuan Keuangan dimaksud ditentukan dari Jumlah Hak Pilih yang ada di masing-masing desa. Dananya nanti dicairkan ke rekening desa,” pungkas Camat  Arif.

Wardi, Mata Madura

KPU Bangkalan