18 Tokoh Bakal Terima Anugerah Sumenep Award 2018. Berikut Kategori dan Indikatornya!

×

18 Tokoh Bakal Terima Anugerah Sumenep Award 2018. Berikut Kategori dan Indikatornya!

Sebarkan artikel ini
18 Tokoh Bakal Terima Anugerah Sumenep Award 2018. Berikut Kategori dan Indikatornya!
Kepala DPMD Kabupaten Sumenep, Ach. Masuni. (Foto/Istimewa)

Matamaduranews.com-SUMENEP-Di penghujung tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan memberikan penghargaan kepada 18 tokoh inspiratif. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) selaku leading sector pemberian penghargaan, yang dikemas dalam bentuk Anugerah Sumenep Award 2018 tersebut.

“Anugerah Sumenep Award 2018 ini merupakan pemberian tanda jasa bagi Tokoh Sumenep Berprestasi di berbagai kategori,” jelas Kepala DPMD Kabupaten Sumenep, Ach. Masuni kepada matamaduranews.com.

Pertama digelar pada 2017 lalu, Anugerah Sumenep Award 2018 ini merupakan kali kedua. Menurut Masuni, kegiatan Sumenep Award 2018 merupakan ajang kreasi dan inspirasi dari beberapa tokoh Sumenep yang membawa prestasi, serta mengharumkan Kabupaten Sumenep baik tingkat regional dan nasional.

“Tokoh berprestasi itu selaku figur atau sosok yang memberi efek inspiratif dan motivatif kepada masyarakat luas atas kehidupan yang ditekuninya,” jelas Masuni

Diharapkan, dari ajang tersebut, pemberian penghargaan nantinya bisa merangsang orang lain agar berpacu melakukan kreasi dan inovasi dalam kehidupannya. “Pada efek berikutnya adalah bisa berdampak positif bagi Kabupaten Sumenep,” sambungnya.

Ada 18 Kategori dalam Sumenep Award 2018, yang dijabarkan oleh Masuni. Berikut rinciannya:

  1. Tokoh Peduli Pendidikan Wilayah Kepulauan
  2. Tokoh Pasukan Kuning
  3. Tokoh Aktivis Parawisata
  4. Tokoh Pelestari Kerapan Sapi
  5. Tokoh Kebudayaan (Kategori Khusus)
  6. Tokoh Penyair
  7. Tokoh Petani Inspiratif
  8. Tokoh Penyandang Disabilitas
  9. Tokoh Literasi
  10. Tokoh Pelestari Bahasa Madura
  11. Tokoh Pelestari Pencak Silat Non IPSI
  12. Tokoh Pelaku Ekonomi Kerakyatan
  13. Tokoh Wanita Inspiratif
  14. Tokoh Aktivis Kesehatan
  15. Tokoh Aktivis Sosial
  16. Tokoh Agama
  17. Tokoh Guru Ngaji
  18. Tokoh Pencipta Tari Muang Sangkal (Kategori Khusus)

Proses penjaringan penerima Sumenep Award di 18 Kategori itu melibatkan tim penilai.

Ada sejumlah nama yang diusulkan DPMD sebagai tim penilai kepada Bupati Sumenep. Anggota Tim selanjutnya diberi SK Tim Penilai Sumenep Award 2018. Tim terdiri dari para aktivis dan kelompok kompeten di Sumenep. Selain itu, DPMD juga melibatkan OPD terkait untuk ikut serta dalam menjaring para nominator sebelum dipilih satu nominator sebagai penerima Sumenep Award 2018.

Akhir November 2018 kemarin, dalam pertemuan gabungan antara Tim Penilai Sumenep Award dan OPD Terkait, Hambali Rasidi selaku Koordinator Tim Penilai Sumenep Award 2018 melakukan penyamaan persepsi antara Tim Penilai dan OPD.

18 Tokoh Bakal Terima Anugerah Sumenep Award 2018. Berikut Kategori dan Indikatornya!
Koordinator Tim Penilai Sumenep Award 2018, Hambali Rasidi. (Foto/Yono)

Disebutkan Hambali, Tim Penilai Sumenep Award 2018 terdiri dari unsur pemerintah dan swasta sebagai tim penilai independent. “Tim dari unsur pemerintah (OPD) sebagai pemberi refrensi pembanding kepada tim penilai independent sebelum melakukan penilaian kepada nominator kategori. Tim penilai independent ini terdiri dari individu yang independen tapi memiliki latar belakang kapabilitas mumpuni untuk menilai nominator kategori,” jelasnya.

Mengenai tahapan penilaian Sumenep Award 2018, dikatakan Hambali ada empat langkah. “Langkah pertama, setelah mengantongi refrensi pembanding dari OPD terkait, tim penilai independent melakukan identifikasi kepada sejumlah tokoh atau sosok sebagai calon nominator di masing-masing kategori sesuai indikator penilaian,” bebernya.

Sementara langkah kedua, setelah memiliki sejumlah data, tahap berikutnya adalah tim penilai independent memilih tiga nominator. Langkah ketiga, tim penilai independent melakukan verifikasi lapangan. “Nah, langkah terakhir, penilaian akhir kepada satu sosok atau tokoh sebagai penerima award di kategori dimaksud,” tutupnya.

Berikut Indikator Penilaiannya:

Secara umum:

Indikator penilaian Sumenep Award 2018 adalah Sosok atau Tokoh Sumenep Inspiratif dan Berjasa untuk Kemajuan Kabupaten Sumenep.

Secara khusus:

Waktu atau masa yang digeluti nominator

Aktivitas keberlanjutan yang digeluti nominator

Efek dari aktivitas yang digeluti nominator

Testimoni publik tentang nominator

KPU Bangkalan