Angin Puting Beliung Terjang Pohon dan Puluhan Rumah di Bangkalan

×

Angin Puting Beliung Terjang Pohon dan Puluhan Rumah di Bangkalan

Sebarkan artikel ini
Angin Puting Beliung Terjang Pohon dan Puluhan Rumah di Bangkalan
Tima Reaksi cepat BPBD Bangakalan saat memotong pohon yang melintang di jalan usai hujan reda. (matamadura)

matamaduranews.comBANGKALAN-Di tengah pandemi Corona, angin puting beliung menghampiri Kota Bangkalan, Selasa siang (5/5/2020).

Hujan deras yang disertai angin puting beliung itu terjadi pada pukul 13.00 Wib. Tidak ada korban jiwa dalam bencana angin puting beliung itu.

Dalam catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, ada puluhan rumah mengalami rusak berat setelah dan 50 rumah rusak setelah diterjang angin puting beliung sekitar pukul 13.00 WIB.

Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Morris mengatakan angin puting beliung terjadi di dua Kelurahan yakni di Kelurahan Pejagan dan Bancaran, Kecamatan Kota Bangkalan.

“Sebanyak 43 rumah rusak ringan, 5 rumah rusak sedang dan 2 rumah rusak berat. Satu pagar roboh dan satu dapur warga rusak berat. Selain itu ada dua unit motor tertimpa pohon saat berada di tepi jalan saat parkir,” ucapnya, Rabu (6/5/2020).

Selain itu, terdapat 4 pohon besar tumbang di jalan Panglima Sudirman Kelurahan Pejagan.

Tim BPBD bersama personil gabungan langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi.

“Kami dari TRC BPBD bersama Agen BPBD Pemprov dan tim gabungan dari TNI- Polri, DLH, Damkar, Tagana serta masyarakat melakukan evakuasi di seluruh lokasi terdampak,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini para korban terdampak membutuhkan bantuan berupa bahan material. Ia mengaku akan melakukan rapat sebab keterbatasan anggaran.

“Kita rapatkan dulu dengan tim karena anggaran terbatas dan juga sudah dialihkan ke penanganan COVID-19,” pungkasnya.

Syaiful, Mata Madura

KPU Bangkalan