Anti Ribet! Inilah Tips Merawat Jaket Kulit Asli, Awet Tidak Perlu Beli Berkali-kali

×

Anti Ribet! Inilah Tips Merawat Jaket Kulit Asli, Awet Tidak Perlu Beli Berkali-kali

Sebarkan artikel ini
Jaket Kulit Asli
Jaket Kulit

Jaket merupakan salah satu fashion item yang bisa digunakan untuk pria atau wanita. Jenisnya pun beragam, mulai dari bomber, jaket biker, trucker, denim, blouson, dan masih banyak lagi lainnya. Di antara banyaknya jenis yang sudah disebutkan, jaket kulit menjadi salah satu primadona. Alasannya, jenis jaket ini mudah dipadukan, terkesan mahal, dan bisa dikenakan di berbagai kesempatan.

Sayangnya, banyak orang masih ragu untuk membeli jaket kulit karena beberapa hal. Salah satunya adalah perawatannya yang susah. Padahal, jika sudah tahu tips-tipsnya, akan mudah sekali perawatannya. Inilah deretan tips merawat jaket kulit asli yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Digantung Jangan Dilipat

Kunci utama supaya jaket kulit bisa awet adalah jangan disimpan dengan cara dilipat. Jika dilipat, akan menimbulkan garis-garis bekas lipatan, yang membuat nilai estetika dari jaket kulit itu akan berkurang.

Selain itu, jika jaket terbiasa dilipat, warnanya akan mudah mengelupas dan bisa saja timbul jamur atau masalah lainnya. Terutama jika tempat menyimpannya cenderung lembab. Ditambah lagi, dengan menggantungnya, jaket akan tetap rapi dan tidak gampang kusut. Oleh karenanya, siapkan tempat khusus untuk menyimpan jaket.

2. Rutin Dikenakan

Jaket kulit yang jarang dikenakan akan membuat teksturnya jadi kaku. Jika dipaksa untuk tetap digunakan, akan sangat tidak nyaman. Cara termudah yang bisa dilakukan untuk menyiasati jaket kaku adalah dengan rutin atau sering mengenakannya. Bisa dipakai saat naik motor atau sekadar jalan-jalan dengan teman.

Jika Anda merasa tidak memiliki waktu untuk mengenakan jaket kulit, bisa dengan menggulung-gulungnya. Ada juga alternatif lainnya yang lebih mudah untuk dilakukan adalah dengan mengoleskan leather conditioner atau semacam kondisioner yang diperuntukkan bagi kulit.

Jika dirasa mahal, Anda bisa menggunakan handbody atau esensial oil (minyak kayu putih, minyak zaitun, dan lain sebagainya). Dengan begitu, jaket kulit yang kaku bisa langsung ditangani.

4. Hindarkan dari Air Hujan

Supaya makin awet lagi, hindarkan jaket kulit dari paparan air hujan. Apalagi jika hujan deras sampai menembus bagian dalam kulit. Jika demikian, jangan diperas bisa menyebabkan kerutan. Setelah sampai di rumah, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah mengelapnya dengan menggunakan lap kering. Setelah dilap, gantung baju di tempat yang teduh namun kering, hindarkan dari paparan sinar matahari langsung.

Jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan jaket kulit. Karena panas dari hair dryer tersebut akan merusak jaket. Lebih baik keringkan secara alami dan lekukan secara perlahan saja.

4. Hindari Mesin Cuci dan Pengering

Dengan harganya yang memang cukup mahal, Anda perlu melakukan perawatan yang ekstra untuk jaket kulit. Dalam hal pencucian, hindari penggunaan mesin cuci dan pengeringnya. Lebih baik cuci secara manual dengan menggunakan tangan, dan lakukan secara hati-hati. Jika takut rusak, Anda bisa membersihkannya di jasa cuci jaket kulit profesional.

Sebagai informasi, mencuci jaket kulit di mesin cuci akan membuatnya cepat rusak. Akibat perputaran pada mesin cuci akan menimbulkan gesekan yang terus menerus dengan jaket kulit. Jika hal tersebut seringkali dilakukan, akan membuat permukaanya jadi lebih rusak, warnanya bisa saja mengelupas.

5. Bersihkan di Spot yang Kotor

Jika jaket kulit terkena kotoran atau noda, jangan langsung dibersihkan secara menyeluruh. Karena terlalu sering terpapar air juga tidak akan bagus untuk jaket kulit. Cara teraman yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkannya di spot yang kotor saja. Saat jaket sedang terkena noda, ambil lap basah atau tisu basah, lalu bersihkan di bagian yang kotor itu saja.

Jangan digosok dengan kasar, lakukan pengelapan dengan lembut namun tetap bersih. Jangan pula menyikatnya dengan alat yang kasar, karena itu bisa merusak tekstur permukaan luar jaket kulit.

6. Semir untuk Terlihat Baru

Jaket yang sudah lama digunakan seringkali memiliki warna yang memudar. Bisa jadi hal tersebut faktor lingkungan, mulai dari matahari yang terik sampai dengan curah hujan yang tinggi. Guna mengembalikan warna awal dari jaket kulit yang dimiliki, Anda bisa menyemirnya kembali. Namun jangan menggunakan semir sepatu, pakailah bahan yang khusus digunakan untuk jaket kulit.

Ada banyak sekali di luar sana produk semir khusus jaket kulit. Tentunya tidak akan menyumbat permukaan kulit karena bahannya sudah disesuaikan. Pilih warna sesuai dengan jaket yang dimiliki, ada yang hitam atau cokelat.

7. Manfaatkan Cairan Cuka untuk Hilangkan Jamur

Ada beberapa hal yang tidak terhindarkan dan membuat jaket kulit berjamur. Jika sudah demikian, cara paling mudah menghilangkannya adalah dengan memanfaatkan cairan cuka. Ambilah kain bersih lalu basahi dengan larutan cuka, bersihkan langsung ke jaket. Khususnya di bagian-bagian yang terkena jamur. Lalu biarkanlah jaket kering secara alami.

Supaya jaket kulit yang dimiliki tetap awet, terapkan tips-tips yang dijelaskan di atas. Jika ingin menambah koleksi jaket kulit, bisa membelinya di Blibli. Bentuknya sangat beragam, ada yang khusus pria atau wanita, tidak jarang pula unisex. Harganya pun sangat kompetitif, Anda bisa memilih bentuk atau merek yang sesuai keinginan. (*)

KPU Bangkalan