Menu

Begini Arahan Kepala Dispertahortbun Sumenep Mengenai Tata Cara Pertanian Tembakau yang Baik

Begini Arahan Kepala Dispertahortbun Sumenep Mengenai Tata Cara Pertanian Tembakau yang Baik
Sosialisasi dan Pembinaan Intensifikasi Tembakau Tahun 2021 bagi petani oleh Dispertahortbun Sumenep, Jumat (28/05/2021). (Foto Rusydiyono/Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Memasuki musim tanam tembakau, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Kabupaten Sumenep, gelar Sosialisasi dan Pembinaan Intensifikasi Tembakau bagi petani.

Tujuan dari sosialisasi tersebut, Dispertahortbun Sumenep ingin petani tembakau tahun 2021 kali ini agar menghasilkan tembakau yang berkualitas. Karena untuk memperoleh daun emas yang bagus, yang harus diperhatikan yakni prosesnya dimulai dari memilih bibit, pemupukan dan perawatan dari awal menanam hingga panen.

Kepala Dispertahortbun Sumenep, Arif Firmanto menyampaikan bahwa sosialisasi tersebut untuk memberikan edukasi terhadap petani tembakau. Agar musim tembakau kali menghasilkan tembakau berkualitas sebagaimana target pabrikan.

“Kemudian diusahakan untuk tetap tepat jenis, tepat waktu, tepat sasaran dan tepat dosis,” kata Kadis Arif ketika memberi arahan kepada petani pada acara sosialisasi dan edukasi beberapa waktu.

Dispertahortbun Sumenep

Selain hal tersebut, Arif berpesan supaya lahan yang dipilih untuk tembakau adalah wilayah tegal dan pegunungan bukan sawah. “Bukan dilarang, tetapi dihimbau agar petani tepat sasaran cara menanam tembakau yang baik dan kualitasnya bagus,” imbuhnya.

Kemudian lain daripada itu, Arif juga menghimbau kepada petani bahwa berdasarkan ramalan cuaca pada BMKG untuk masa tanam tembakau yang baik adalah pada kisaran awal bulan Juni 2021.

“Sesuai dengan ramalan cuaca dari BMKG, terbaik untuk menanam tembakau pada tahun ini adalah sampai dengan minggu ketiga bulan Juni,” ungkap Arif.

Rusydiyono, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

MMN

matajatim.id

Disway

Budaya

Tasawuf

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: