Begini Pesan Bupati Ra Latif di Hari Santri Nasional

×

Begini Pesan Bupati Ra Latif di Hari Santri Nasional

Sebarkan artikel ini
Begini Pesan Bupati Ra Latif di Hari Santri Nasional
Bupati Bangkalan, R Abd. Latif Imron saat mimpin upacara HSN di Alun-Alun Bangkalan, Selasa (22/10/2019). (matamadura.syaiful)

matamaduranews.comBANGKALAN-Peringatan Hari Santri Nasional (HSN)  yang dilaksanakan setiap 22 Oktober 2019 di Bangkalan berlangsung khidmat. Bupati Bangkalan R Abd. Latif menyampaikan pesan Presiden Jokowi dalam sambutan yang dibacakan dalam upacara HSN di depan ribuan santri di Alun-Alun Kota Bangkalan.

Dalam sambutan Bupati Ra Latif menghaturkan selamat kepada Ir. Joko Widodo dan KH Makruf Amin sudah dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019/2024.

Menurut Ra Latif, di hari santri menjadi momentum aktualisasi dan penghormatan terhadapa Bangsa dan Negara atas peran santri dan kiai dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan bahasa Maduranya, Ra Latif sampaikan “Kauleh apangarep dhe’ para santreh masa depan, baik se bedeh e pesantren maupun se bedeh e loar pesantren, mari perkuat jiwa religius, nasionalisme tor jugen kebangsaan,” jelas Ra Latif dalam sambutannya.

“Santreh nekah geduwen kiprah, tor jugen ampon teruji dalam mengokohkan NKRI, toreh jegeh bengsah ben negereh tercinta kakdinto,”

Pengarep se terakhir enggi kakdinto, pertama sedejeh santre bisa jadi ujung tombak pembangunan dan keutuhan NKRI, keduwa’ jihad terhadap perbuatan se merosak akidah dengan memperbaiki akhlak, iman ben takwa kita semua, demi terwujudnya pembangunan di Bangkalan se geduwen take line ‘Kota dzikir dan shalawat,” harap adik mendiang Ra Fuad Amin ini.

Dalam kesempatan itu, hadir KH. Makki Nasir, Ketua PCNU Bangkalan. Dalam sambutannya, mengatakan esensi hari santri adalah menumbuhkan resolusi jihad yang mampu menghadang orang-orang yang merusak budaya kita.

“Singkatnya Santri adalah identitas Nusantara yang butuh landasan berpikir dan hanyalah di pesantren kita membangun itu. Mari ambil yang baru, di arah yang baru, dibungkus dengan peradaban baru tetapi tidak melenceng dari esensi nilai-nilai keisalaman, Selamat hari Santri,” tuturnya.

Syaiful, Mata Bangkalan

KPU Bangkalan