Bupati Busyro Ajak Masyarakat Manfaatkan Sumenep Car Free Day

×

Bupati Busyro Ajak Masyarakat Manfaatkan Sumenep Car Free Day

Sebarkan artikel ini
Bupati Busyro Ajak Masyarakat Manfaatkan Sumenep Car Free Day
Bupati KH A. Busyro Karim bersama jajaran Forpimda Sumenep menandatangani Kesepakatan Bersama Sumenep Car Free Day 2018. (Foto Humas for Mata Madura)

MataMaduraNews.comSUMENEP-Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Car Free Day (CFD) Tahun 2018 pagi ini, Minggu (22/07/2018). Kegiatan yang ditempatkan di Jalan Trunojoyo Sumenep tersebut dimulai dengan pelepasan balon ke udara oleh Bupati KH A. Busyro Karim sebagai tanda resmi dibukanya acara.

Pemkab Sumenep melaksanakan CFD yang kini telah dilaksanakan 1.500 kota di dunia, termasuk kota-kota di Indonesia, sejak pukul 05.30 WIB. Selain Bupati Sumenep, acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Achmad Fauzi, Sekda Edy Rasiyadi, para pimpinan OPD, serta Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BPMD).

Busyro Karim memulai acara pada pagi yang segar tersebut dengan mengapreasiasi semua stakeholder yang telah membantu terlaksananya CFD. Menurutnya, CFD merupakan kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat kepada masyarakat, baik dari segi kegiatan maupun sosial.

”CFD sangat dibutuhkan di Sumenep, karena ini bisa meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Sudah jelas, bahwa CFD ini akan mengurangi polusi dan menambah kadar oksigen,” katanya saat sambutan.

Ia mengemukakan, berdasarkan data yang ada, Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKHL) di Sumenep dari tahun ke tahun semakin membaik. Di tahun 2015 IKHL mencapai 69,6 poin, kemudian angka itu meningkat menjadi 71,35 poin pada tahun 2016.

”Hal ini menunjukkan IKHL di Sumenep semakin baik dan perlu ditingkatkan di masa yang mendatang, salah satunya melalui CFD seperti ini,” jelasnya.

Hal lain yang tak kalah positif, CFD juga merupakan sarana interaksi sosial dan aktualisasi diri yang paling tepat. Sebab, masyarakat perkotaan adalah masyarakat individualis karena faktor profesinya. ”Dengan Car Free Day ini, sangat tepat sebagai media interaksi dan media silaturahim dengan masyarakat lainnya,” imbuh Bupati.

Terakhir, CFD juga bisa mendukung perekonomian masyarakat. Salah satu yang diingina Bupati Busyro adalah dengan integrasi CFD dengan pasar minggu di Jalan Husni Thamrin.

”Harapannya, agar muncul dan tumbuh sentra-sentra perekonomian baru masyarakat Sumenep,” ungkapnya.

Oleh karena itu, orang nomor satu di Sumenep itu mengajak masyarakat Sumenep memanfaatkan CFD setiap hari minggu dengan mengajak keluarga dan kerabat. Ia meminta masyarakat memanfaatkan kesempatan CFD sebaik-baiknya, karena hal itu merupakan bagian dari upaya Pemkab menjadikan masyarakat lebih sehat.

”Saya juga mengajak anak-anak muda di Sumenep untuk menciptakan kegiatan positif di sepanjang CFD. Jika kita berkaca pada daerah lain, rata-rata anak mudalah yang menampilkan kegiatan seperti kesenian, budaya, olahraga dan sebagainya,” katanya.

Bupati dua periode tersebut juga menyatakan keinginannya agar CFD berisi event-event menarik. Hal itu diharapkan bisa menarik minat masyarakat dan wisatawan untuk berlibur ke Kabupaten Sumenep.

”Saya juga meminta semua pihak memastikan agar CFD ini tidak hanya ramai satu atau dua bulan saja, tapi terus berkelanjutan,” pesannya.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan