Menu

Dapat Disposisi Bupati, Korban Pasar Tanah Merah Bakal Terima Bantuan Rp 500 Juta

Dapat Disposisi Bupati, Korban Pasar Tanah Merah Bakal Terima Bantuan Rp 500 Juta
Tunggu bantuan Pemkab, korban kebarakan Pasar Tanah Merah dirikan kios sementara. (Foto/Syaiful)
Link Banner

matamaduranews.com-BANGKALAN-Gejolak Pasar Tanah Merah, Bangkalan, Madura, mulai mereda. Pasalnya, tuntutan para pedagang yang tak dipenuhi berupa bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bangkalan kini sudah ada tanda harapan pasti.

Sutanto, Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan (Disdag) Bangkalan mengatakan ada dana tak terduga untuk korban kebakaran Pasar Tanah Merah. Besarannya berkisar Rp 500 juta yang bersumber dari APBD.

“Sudah mendapat disposisi Bupati Bangkalan dan Sekda sebagai Tim Anggaran. Nantinya alokasi dana masuk ke Rekening Disdag. Tinggal nantinya membuat perencanaan anggaran melalui Tim Teknis Tata Perencanaan Umum, baru kita bergerak untuk selanjutnya,” jelas Sutanto kepada Mata Madura, Rabu (07/11/2019).

Hanya sayangnya, menurut Sutanto, hal itu masih ada dua tahapan yang harus. Entah apakah prosesnya masih swakelola atau dipihak ketigakan (kontraktor). “Kami belum tahu,” ungkapnya.

Sutanto melanjutkan, sesuai dengan hasil rapat antara ketua paguyuban dan Pemkab, pedagang hanya butuh seng dan tenaga kebersihan. Untuk itu, ia mengaku terus melakukan koordinasi dengan ketua paguyuban Pasar Tanah Merah.

“Permintaan sesuai rapat, maunya bagaimana. Hitungan pembiayaannya seperti apa. Yang dibutuhkan apa saja, biaya yang sudah dikeluarkan Paguyuban berapa, untuk apa saja. Nanti jika dana sudah memenuhi aturan dan sesuai prosedur serta sudah pencairan tinggal dihitung dan dilakukan penggantian,” tuturnya .

Seperti diketahui, sesuai dengan data dampak kebakaran, ada 97 toko dan 202 kios semi permanen yang terkena dampak kebakaran. Total keseluruhan ada 299 toko dan kios. Kerugian ditaksir Rp 5 Juta.

“Nanti dari 299 toko dan kios, itu yang kami fasilitasi, tapi seng dan tenaga kerja itu saja yang kami siapkan sesuai dengan hasil rapat dan kebutuhan pedagang,” pungkas Sutanto.

Terpisah, pedagang Pasar Tanah Merah, Qodir, sangat berharap Pemerintah segera turun tangan untuk memfasilitasi pedagang. Karena sebagian pedagang ada yang  masih belum membuat kios sementara.

“Ini adalah ancaman macetnya perekonomian bagi kami, jika pemerintah belum ada kejelasan untuk segera memberi bantuan. Baik tenaga kerja maupun fasilitas untuk kami bisa dapat berjualan kembali,” ungkap Qodir.

Qodir mengakui jika saat ini hanya mendapat bantuan terpal sebagai penutup atap sementara. Kisarannya kurang lebih 200 terpal  dari BPBD.

“Sekarang sudah masuk musim hujan, jika penutup atap pakai terpal, maka rawan bocor dan terhempas angin, segera bantu kami,” pintanya saat dimintai keterangan media ini.

Selasa (05/11/2019 kemarin Komisi B DPRD Bangkalan melakukan peninjauan langsung ke lokasi kebakaran.  Fathur Rosi, Anggota Komisi B DPRD Bangkalan kepada Mata Madura mengaku melakukan koordinasi dengan Dinas Perdagangan, agar sesegera mungkin melakukan pemulihan.

“Pedagang Pasar Tanah Merah sebagian telah membangun kios dengan dana pribadi agar dapat kembali berjualan,” katanya.

Oleh karena itu, Fathur mendesak agar dana tak terduga sebesar Rp 500 juta tersebut segera dicairkan, agar warga terdampak kebakaran tidak kebingungan.

“Insya Allah tidak sampai 10 hari bisa dicairkan. Bupati Bangkalan sudah intruksi langsung agar kondisi segera stabil,” tutupnya.

Syaiful, Mata Bangkalan

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Hukum dan Kriminal

Budaya

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional