Forikan Sumenep Nilai Sosialisasi Makan Ikan Perlu Ditingkatkan

×

Forikan Sumenep Nilai Sosialisasi Makan Ikan Perlu Ditingkatkan

Sebarkan artikel ini
Ketua Forikan Sumenep, Nurfitriana Busyro foto bersama usai acara Sosialisasi Gemarikan di Kecamatan Bluto
Ketua Forikan Sumenep, Nurfitriana Busyro foto bersama usai acara Sosialisasi Gemarikan di Kecamatan Bluto. (Foto Rusydiyono/Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Sosialisasi Gerakan Memasyarakat Makan Ikan (Gemarikan) oleh Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur membuahkan hasil signifikan.

Terbukti, tingkat konsumsi ikan di kabupaten ujung timur Pulau Madura ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Jawa Timur sebagai kabupaten yang angka konsumsi ikannya di atas rata-rata.

“Masyarakat Sumenep benar-benar suka konsumsi ikan,” ungkap Ketua Forikan Sumenep, Nurfitriana Busyro pada Sosialisasi Gemarikan, Selasa (25/06/2019) di Pendopo Kecamatan Bluto.

Kendati demikian, kata perempuan yang akrab disapa Bunda Fitri itu, berbagai sosialisasi agar masyarakat Sumenep semakin senang menkonsumsi ikan harus digalakkan. Targetnya agar masyarakat tahu apa manfaat kandungan gizi yang terkandung di dalamnya bagi kehidupan.

“Prestasi yang dicapai Sumenep harus ditingkatkan, sehingga masyarakat Sumenep benar-benar menjadi masyarakat pengkonsumsi ikan terbaik di Indonesia, seperti konsumsi ikan di dunia terbaik dimiliki oleh Jepang sampai mencapai 100 lebih pertahun perkapita, sedangkan kita hanya 53 pertahun perkapita,” target Bunda Fitri.

Sebagai upaya mempertahankan prestasi dengan cara meningkatkan kegemaran masyarakat mengkonsumsi ikan, Forikan Sumenep tak hanya mengadakan acara khusus. Sosialisasi juga sering diselipkan pada momen-momen tertentu.

“Di setiap pertemuan kita selipkan (sosialisasi Gemarikan, red), terutama kepada semua kaum ibu agar supaya anaknya dan keluarganya selalu mengkonsumsi ikan,” jelas isteri Bupati Sumenep tersebut.

Bunda Fitri menegaskan bahwa dengan mengkonsumsi ikan akan meningkatkan IQ bagi anak. Karena ikan mempunyai unsur Omega 3 yang sangat baik bagi pertumbuhan anak.

Selain sosialisasi manfaat kandungan gizi ikan, Bunda Fitri juga mengaku memberikan sosialisasi atau demo masak ikan. Hal itu supaya masyarakat mengetahui cara mengolah ikan yang benar dengan menu yang beragam.

“Supaya tidak bosan masak menu makan ikan goreng terus, kan bisa dibakar, dan cara yang lain,” sarannya.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan