Gempa Berpotensi Tsunami, Warga Flores NTT Panik dan Mulai Diungsikan

×

Gempa Berpotensi Tsunami, Warga Flores NTT Panik dan Mulai Diungsikan

Sebarkan artikel ini
Gempa Berpotensi Tsunami di Flores NTT
Tangkapan layar Peringatan Tsunami dari BMKG. Peringatan Dini Tsunami di NTT, Gempa berkekuatan M 7,4 pada Selasa (14/12/2021).

matamaduranews.com-Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dilanda gempa dengan magnitudo 7,5 pada hari Selasa 14 Desember jam 11.20 WITA.

Lokasi gempa bumi terletak pada 7.59 derajat lintang selatan dan 122,26 derajat bujur timur. Pusat gempa bumi berada pada 112 kilometer arah barat laut Larantuka, Kabupaten Flores Timur, dengan kedalaman 12 kilometer.

“Gempa ini berpotensi tsunami,” terang Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang Margiono.

Selain di Flores NTT, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga mengeluarkan peringatan dini kepada para masyarakat Maluku, NTB, NTT, Sulsel dan Sultra yang ikut merasa gempa dengan berpotensi tsunami.

“Peringatan Dini Tsunami untuk wilayah: MALUKU, NTB, NTT, SULSEL, SULTRA, Gempa Magnitudo: 7.5, 14-Des-21 10:20:22 WIB,” cuit akun Twitter resmi dari BMKG, pada Selasa (14/12).

Dalam video yang beredar di media sosial, masyarakat sekitar yang tengah terdampak gempa tersebut juga diketahui sempat merasa panik dan khawatir dikarenakan kekuatan gempa yang terbilang cukup besar.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores NTT juga mengimbau warga di pesisir untuk menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman untuk menghindari ancaman tsunami.

Karena itu, Wakil Bupati Flores Timur, NTT, Agustinus Payong Boli langsung mengevakuasi warganya yang berada di wilayah pesisir utara menuju ke area yang lebih tinggi atau perbukitan untuk menghindari ancaman tsunami.

“Sebagian besar warga mengevakuasi diri secara mandiri karena belajar dari pengalaman bencana tsunami pada 1992,” kata Agustinus, seperti dikutip Antara. (*)

KPU Bangkalan